Sabtu 04 Jun 2022 18:49 WIB

Baznas dan Wapres RI Serahkan Bantuan Santripreneur di Jawa Timur

Total sebanyak 103 santri di Jawa Timur mendapatkan bantuan santripreneur

Red: Hiru Muhammad
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI memberikan bantuan Baznas Santripreneur kepada para santri yang berada di Jawa Timur.   Simbolisasi penyerahan bantuan diberikan Wakil Presiden RI, KH Ma
Foto: istimewa
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI memberikan bantuan Baznas Santripreneur kepada para santri yang berada di Jawa Timur. Simbolisasi penyerahan bantuan diberikan Wakil Presiden RI, KH Ma

REPUBLIKA.CO.ID, JOMBANG--Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI memberikan bantuan Baznas Santripreneur kepada para santri yang berada di Jawa Timur. 

Simbolisasi penyerahan bantuan diberikan Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin, dan disaksikan oleh Ketua Baznas RI, Prof Dr KH Noor Achmad, MA, dan Pimpinan Baznas RI, Saidah Sakwan MA, kepada para santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum di Desa Rejoso, Peterongan, Jombang, Jawa Timur, Jumat (3/6/2022).

Baca Juga

Total sebanyak 103 santri di Jawa Timur mendapatkan bantuan santripreneur yang bertujuan untuk membantu para santri dalam berwirausaha. Penerima manfaat ini adalah bagian dari program Baznas Santripreneur yang menyasar 5.000 orang.

Simbolisasi penyerahan dilakukan di berbagai wilayah berbeda sejak Kamis (2/6) hingga Sabtu (4/6), di alun-alun Surabaya, Ponpes Mambaul Maarif Jombang, Ponpes Darul Ulum Jombang, Ponpes Tebuireng, dan Ponpes Amanatul Ummah Mojokerto. 

"Dibutuhkan juga santri-santri yang memakmurkan bumi, makanya ada bantuan santripreneur, saya menyebutnya Gus Iwan. Gus Iwan itu santri bagus, pintar mengaji, usahawan. Memakmurkan bumi dengan mengembangkan ekonomi. kunci utamanya adalah sumber daya manusianya," kata Wapres Ma'ruf dalam sambutannya. 

"Maka umat Islam supaya dilatih dalam rangka memakmurkan sekaligus memberdayakan umat, supaya umat menjadi kuat dan mandiri. Oleh karena itu pesantren harus berfungsi sebagai tempat pemberdayaan masyarakat," kata Wapres. 

Sementara itu, Ketua Baznas RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA, mengatakan program BAZNAS Santripreneur adalah sebuah program pembinaan, pendampingan, dan pelatihan bisnis serta bantuan modal usaha yang ditujukan kepada para santri yang ingin menggeluti usaha.

Santripreneur menyasar para santri yang datang dari keluarga mustahik, mereka yang masih di pesantren atau pun mereka yang sudah keluar dari pesantren. Diharapkan program ini dapat berperan penting dalam peningkatan kesejahteraan hidup para santri.

"Baznas Santripreneur ini merupakan program lanjutan dari program sebelumnya yang sudah ada, yakni Baznas Milenialpreneur yang telah dilaksanakan pada tahun 2020 lalu. Ini merupakan bentuk kepedulian Baznas terhadap perekonomian keluarga para santri. Bagaimana Baznas ingin membantu mereka mandiri secara ekonomi dan berkembang," kata Ketua Baznas RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Baznas Santripreneur lebih ditujukan untuk para santriwan/santriwati lulusan pondok pesantren berusia 17 sampai 30 tahun yang aktif di bidang wirausaha.

Demi menyukseskan program Santripreneur, Baznas juga akan terus menguatkan kerja sama dengan beberapa pesantren agar bisa menjaring lebih banyak santri yang memiliki tekad kuat untuk berwirausaha.

"Proses transformasi mustahik menjadi muzaki menjadi tujuan utama Baznas, yang memiliki fokus kuat dalam menyejahterakan umat. Semoga apa yang dicita-citakan dapat terwujud," ucapnya. 

"Tentunya kami sangat berterima kasih kepada muzaki yang telah membantu upaya Baznas dalam menyukseskan berbagai program, yang tujuan utamanya menyejahterakan umat," kata Noor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement