Ahad 05 Jun 2022 00:20 WIB

Kasus Sakit Lyme Meningkat di Kanada, Pemerintah Sebut Masalah Serius

Kasus sakit Lyme naik dari 157 kasus pada 202 menjadi 387 kasus di 2021.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nora Azizah
Kasus sakit Lyme naik dari 157 kasus pada 202 menjadi 387 kasus di 2021 (Foto: ilustrasi serangga penyebab Lyme)
Foto: Antara/Syaiful Arif
Kasus sakit Lyme naik dari 157 kasus pada 202 menjadi 387 kasus di 2021 (Foto: ilustrasi serangga penyebab Lyme)

REPUBLIKA.CO.ID, QUEBEC -- Pejabat di Kota Timur Quebec, Kanada, AS, memperingatkan lonjakan kasus sengatan kutu yang membawa penyakit Lyme. Kondisi ini menempatkan penduduk dan pengunjung pada risiko tinggi untuk terpapar.

Pada tahun 2021, jumlah orang yang terinfeksi penyakit ini di wilayah tersebut berlipat ganda dibandingkan tahun sebelumnya, yakni 387 dibandingkan dengan 157 pada tahun 2020. Tercatat ada lebih dari setengah penduduk yang terinfeksi penyakit Lyme di provinsi tersebut tertular di Kotapraja Timur. 

Baca Juga

"Ini adalah masalah serius, dan saya pikir penduduk harus menganggapnya serius," kata Walikota Bromont Louis Villeneuve dilansir dari CBC News, Sabtu (4/6/2022).

Pada konferensi pers yang diadakan di Bromont pada Kamis lalu, pejabat kesehatan masyarakat mengatakan penyakit itu menyebar dengan cepat. Ini mempengaruhi kotamadya daerah le Granit serta kota-kota seperti Windsor dan Val-des-Sources.

"Ini adalah kota-kota yang tidak terlalu terpengaruh sebelumnya," kata Dr. Geneviève Baron, penasihat medis untuk kesehatan masyarakat di Eastern Townships dan anggota Jaringan Penelitian Penyakit Lyme Kanada.

Penyakit Lyme disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui gigitan kutu yang terinfeksi dan jika tidak diobati, dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang.

Gejala yang paling indikatif dari penyakit Lyme adalah ruam merah melingkar di sekitar tempat gigitan kutu.  Gejala lain termasuk sakit kepala, demam dan kedinginan, kelelahan, nyeri otot dan persendian, pembengkakan kelenjar getah bening dan kejang atau kelemahan.

Baron mengatakan ada antibiotik yang tersedia di apotek untuk membantu mengobati infeksi bakteri dan menghindari komplikasi kesehatan.

"Yang penting mengidentifikasinya dengan cepat, karena pengobatannya sangat efektif pada awalnya. Dalam beberapa minggu pertama, jika diobati, mudah sembuh," kata Baron.

Pinset penghilang kutu juga akan ditawarkan secara gratis di Bromont. Pejabat kesehatan masyarakat merekomendasikan agar penduduk mengadopsi kebiasaan yang baik, seperti mengenakan pakaian lengan panjang di daerah berhutan dan dengan memeriksa diri mereka untuk kutu atau gigitan kutu setelah kegiatan di luar ruangan.

Ada harapan bahwa vaksin melawan penyakit ini akan segera tersedia karena Valneva dan Pfizer diperkirakan akan melanjutkan uji klinis tahun ini. Pejabat kesehatan juga mengawasi Anaplasmosis, penyakit lain yang ditularkan melalui kutu, yang semakin umum di Kotapraja Timur.

Gejalanya mirip dengan flu, tetapi seperti penyakit Lyme, penyakit ini juga harus diobati dengan cepat untuk menghindari risiko komplikasi kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement