Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Restika Windy Ardiyani

Data Science Sang Primadona Masa Depan

Eduaksi | Saturday, 04 Jun 2022, 10:16 WIB

Selepas menyelesaikan sekolah menengah atas, kuliah di perguruan tinggi merupakan impian yang diharapkan oleh para siswa. Salah satu jurusan yang banyak digandrungi generasi milenial saat ini adalah Sains Data atau biasa dikenal Data Science. Data Science mulai menjadi primadona sejak big data dan digitalisasi mulai berkembang di masyarakat. Selain itu, revolusi industri juga menjadi salah satu faktor Data Science menjadi populer. Revolusi industri yang terus berjalan secara tidak langsung menuntut kita untuk mengikuti perkembangan zaman.

Di Indonesia sendiri belum banyak perguruan tinggi yang menawarkan jurusan Data Science. Beberapa perguruan tinggi negeri yang menawarkan jurusan S-1 Data Science yaitu, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Airlangga, dan Universitas Pembagunan Nasional Veteran Jawa Timur. Dimana di Universitas Airlangga baru mulai menerima mahasiswa baru pada tahun 2020 dan Universitas Pembagunan Nasional Veteran Jawa Timur pada tahun 2021.

Data Science merupakan jurusan yang akan mempelajari bagaimana cara untuk mengolah dan menginpretasi data dengan benar yang nantinya diharapkan bisa memberikan hasil yang valid berdasarkan kenyataan yang ada. Dalam Data Science untuk mengolah data dibutuhkan formula statistika, bahasa pemrograman, dan tools yang tepat.

Ada beberapa alasan bisa menguatkan tekad Anda untuk mengambil jurusan ini yaitu memiliki sifat multidisipliner atau bukan hanya berfokus pada satu bidang saja melainkan juga berbagai bidang ilmu seperti pemrograman, statistika, dan matematika. Dengan menekuni Data Science Anda bisa memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk memberikan penjelasan mengenai informasi apa saja yang ada dalam data yang Anda olah. Selain itu yang tidak kalah penting adalah lulusan Data Science banyak dibutuhkan dalam bidang industri.

Prospek kerja jurusan Data Science juga tak kalah menakjubkan, seorang sarjana Data Science bisa bekerja sebagai Data Scientist, Data Analyst, Data Engineer, dan Big Data Specialist. Profesi tersebut akan banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan di berbagai bidang baik di Indonesia maupun di luar negeri. Selain itu, gaji yang akan diperoleh juga cukup fantastis. Gaji yang bisa didapat oleh seorang Data Scietist di Indonesia berkisar pada angka 10 juta rupiah hingga 20 juta rupiah per bulan.

Selain menawarkan gaji yang fantastis, prospek kerja Data Science memiliki peluang yang besar di masa depan di mana kita akan hidup berdampingan dengan teknologi dan hampir semua bidang menggunakan data untuk menjalankan bisnis dan mengambil keputusan. Jadi jika Anda memiliki kemampuan dan minat dalam bidang ini maka jangan ragu untuk mempelajari Data Science.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image