Ahad 05 Jun 2022 20:57 WIB

Shaf Sholat Harus Dimulai dari Kanan atau dari Belakang Imam?

Banyak umat Islam yang bertanya-tanya mengenai mulainya shaf dalam sholat berjamaah.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko
Sholat berjamaah. (ilustrasi)
Foto: republika
Sholat berjamaah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Banyak umat Islam yang bertanya-tanya mengenai mulainya shaf dalam sholat berjamaah. Apakah shaf sholat harus dimulai dari kanan atau justru dari belakang imam? 

Dan juga apakah disyariatkan untuk menyeimbangkan sisi kanan dan kiri, sehingga banyak imam yang mengatakan seimbangkan barisan sebagaimana yang banyak dilakukan ulama? 

Baca Juga

Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam kitab Fikih Sholat menjelaskan, sesungguhnya shaf dimulai dari tengah di belakang imam. Dan sebaiknya, menurut Ibnu Qayyim, tidak membuat shaf baru sebelum shaf yang pertama penuh dan tidak mengapa apabila shaf di sisi kanan lebih banyak dari sisi kita. 

Bahkan memerintahkan hal tersebut dinilai sunnah. Yang terpenting jangan membuat barisan kedua kecuali jika barisan pertama memang telah penuh terisi oleh para jamaah sholat. 

Demikian juga barisan ketiga, kecuali jika barisan kedua telah penuh. Begitu seterusnya pada barisan berikutnya. Karena itu sesungguhnya, menurut Ibnu Qayyim, merupakan ketetapan Nabi Muhammad SAW. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement