Senin 06 Jun 2022 01:09 WIB

Rafael Nadal Juara French Open 2022, Tambah Gelar Grand Slam Jadi 22

Nadal melibas Casper Ruud 6-3 6-3 6-0 pada final French Open 2022.

Red: Israr Itah
Rafael Nadal memegang trofi juara French Open 2022.
Foto: EPA-EFE/MARTIN DIVISEK
Rafael Nadal memegang trofi juara French Open 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Rafael Nadal memastikan gelar Grand Slam ke-22 sepanjang kariernya selepas menjuarai French Open 2022. Nadal secara meyakinkan melibas Casper Ruud 6-3 6-3 6-0 pada final di lapangan Philippe Chatrier, Roland Garros, Ahad (5/6/2022), untuk mengangkat trofi French Open ke-14 kalinya.

Ruud menjadi korban terakhir dari deretan panjang penantang yang gagal mengalahkan petenis Spanyol itu di final Roland Garros, sejak Nadal memenangkan gelar perdananya di lapangan tanah liat merah itu pada 2005. Dalam 12 bulan terakhir, petenis 36 tahun itu berpikir untuk pensiun karena masalah cedera kaki kronis. Ia terpaksa menghabiskan enam pekan menderita patah tulang rusuk pada Maret dan tidak yakin apakah akan mampu bersaing di Paris setelahnya. Namun Nadal membuktikan ia masih berstatus raja di Roland Garros.

Baca Juga

"Saya tidak tahu apa yang bisa terjadi di masa depan, tetapi saya akan terus berjuang untuk mencoba dan terus maju," kata Nadal dalam pidato kemenangannya di Court Philipp Chatrier, yang mendapat tepuk tangan meriah dari tribun penonton.

Terlepas dari semua cobaan dan kesengsaraan yang dia derita dalam membangun, tidak ada yang bisa mencegah Nadal mengangkat piala ke-14 kalinya. Nadal melewati rekan senegaranya Andres Gimeno sebagai juara tunggal putra tertua di Roland Garros. Hasilnya sekali lagi menunjukkan bahwa meskipun, dia tidak 100 persen, Nadal masih masih sulit ditaklukkan di tanah liat merah Roland Garros.

Petenis Spanyol, yang memiliki patung yang didirikan untuk menghormatinya di arena lapangan tanah liat di barat Paris, memulai pesta lebih awal untuk para penggemarnya. Duo ini belum pernah memainkan pertandingan kompetitif sebelum final ini, tetapi mereka sering bermain bersama di akademi Spanyol di Mallorca. Ruud sebelumnya mengatakan dia tidak pernah memenangkan set saat latihan melawan idolanya tersebut. Catatan tersebut tetap tidak berubah hingga final ini.

Nadal, yang 13 tahun lebih tua dari pemain Norwegia itu, mengawali pertandingan dengan baik saat ia memimpin 2-0 dengan pukulan forehand yang luar biasa. Namun terlepas dari semua pengalamannya, masih ada kegelisahan bagi pembalap Spanyol itu saat ia menyia-nyiakan keunggulan awalnya dengan dua unforced error dari forehandnya dan dua double fault.

Namun, pukulan keras forehand top-spin Nadal segera menemukan jangkauannya dan dia mulai memberikan tekanan pada pukulan backhand Ruud untuk mengamankan break dan memimpin 4-1 sebelum mengamankan set pembuka.

Ruud menaikkan levelnya di awal set kedua, menyelamatkan tiga break point untuk menahan servis di game pembuka. Ia mendapat pujian dari lawannya ketika ia menyerang di sepanjang lapangan untuk mencapai drop shot dan mengubahnya menjadi pemenang.

Petenis Norwegia itu segera mematahkan servis Nadal untuk memimpin untuk pertama kalinya dalam pertandingan tersebut. Unggulan kelima asal Spanyol itu menghapus keunggulan itu di game berikutnya. Dari keunggulan 3-1 di set kedua, Ruud tidak bisa memenangkan game lain setelahnya. Nadal menyudahi perlawanan Ruud dalam waktu dua jam dan 18 menit.

"Kita semua tahu Anda juara dan hari ini saya merasakan bagaimana bermain melawan Anda di final dan itu tidak mudah. Saya bukan korban pertama, saya tahu ada banyak sebelumnya," kata Ruud menyanjung Nadal sekaligus membela dirinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement