Senin 06 Jun 2022 19:14 WIB

Pernyataan Menghina Nabi Muhammad Pimpinan BJP India Picu Kehebohan Dunia Muslim

Qatar mengharapkan permintaan maaf publik dari Pemerintah India.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Umat Muslim berbuka puasa di dalam Masjid pada hari pertama bulan puasa Ramadhan di Mumbai, India, Ahad, 3 April 2022. Pernyataan Menghina Nabi Muhammad Pimpinan BJP India Picu Kehebohan Dunia Muslim
Foto: AP/Rafiq Maqbool
Umat Muslim berbuka puasa di dalam Masjid pada hari pertama bulan puasa Ramadhan di Mumbai, India, Ahad, 3 April 2022. Pernyataan Menghina Nabi Muhammad Pimpinan BJP India Picu Kehebohan Dunia Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Negara-negara Muslim telah mengambil sikap untuk pernyataan menghina yang dibuat terhadap Nabi Muhammad (SAW) oleh pemimpin Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa di India. Negara seperti Qatar, Kuwait dan Iran memanggil utusan India untuk mendaftarkan protes mereka pada Ahad (5/6/2022).

Qatar telah meminta permintaan maaf secara publik dari India karena mengizinkan pandangan Islamofobia seperti itu tanpa pembalasan. Kuwait juga, dalam sebuah pernyataan, mengatakan telah menyerahkan catatan protes resmi yang menyatakan penolakan dan kecaman atas pernyataan penghinaan terhadap Nabi Suci (SAW), Islam dan Muslim yang dikeluarkan oleh salah satu pejabat di partai yang berkuasa. 

Baca Juga

Perdana Menteri Shehbaz Sharif juga menyerukan komentar yang dibuat oleh pemimpin BJP dan mendesak dunia untuk memperhatikan dan menegur India. "Telah berulang kali mengatakan India di bawah Modi menginjak-injak kebebasan beragama dan menganiaya Muslim. Dunia harus memperhatikan dan menegur India dengan keras," dilansir dari Dawn, Ahad (5/6/2022).

Dia juga mengatakan cinta umat Islam untuk Nabi (SAW) adalah yang tertinggi dan mereka bisa mengorbankan hidup mereka untuk sosok suci. Menurut Hindustan Times, juru bicara BJP Nupur Sharma dan pemimpin partai lainnya, Naveen Kumar Jindal membuat pernyataan tidak sopan tentang Nabi SAW dan setelah kecaman di seluruh dunia, partai yang berkuasa di India harus menjauhkan diri dari pernyataan mereka, mengumumkan tindakan disipliner terhadap keduanya.

Qatar memanggil utusan India dan memberinya catatan resmi yang menyatakan kekecewaan Qatar dan penolakan total dan kecaman [atas] pernyataan kontroversial yang dibuat oleh seorang pejabat di partai yang berkuasa di India terhadap Nabi Muhammad Islam dan Muslim, menurut  untuk pernyataan yang dikeluarkan oleh kementerian luar negerinya.

Qatar mengharapkan permintaan maaf publik dan kecaman segera atas pernyataan ini dari Pemerintah India. Disebutkan bahwa membiarkan pernyataan Islamofobia semacam itu berlanjut tanpa hukuman merupakan bahaya besar bagi perlindungan hak asasi manusia dan dapat menyebabkan prasangka dan marginalisasi lebih lanjut, yang akan menciptakan siklus kekerasan dan kebencian.

Sementara itu, Pakistan mengatakan pernyataan yang dibuat oleh dua pejabat BJP yang berkuasa benar-benar tidak dapat diterima karena mereka melukai sentimen miliaran Muslim di seluruh dunia. "Upaya klarifikasi BJP dan tindakan disipliner yang terlambat dan asal-asalan terhadap orang-orang ini tidak dapat meredakan rasa sakit dan penderitaan yang mereka sebabkan terhadap dunia Muslim," kata Kementerian Luar Negeri.

Pakistan mendesak India untuk memastikan tindakan tegas dan dapat dibuktikan telah diambil terhadap mereka yang bertanggung jawab. Pakistan juga meminta masyarakat internasional segera mengetahui situasi Islamofobia yang sangat parah di India.

Mufti besar Oman Sheikh Ahmad bin Hamad Al-Khalil mentweet bahwa komentar cabul dari juru bicara partai yang berkuasa di India sama dengan perang melawan setiap Muslim. India mengatakan kepada Qatar dan Kuwait bahwa pandangan ofensif tidak mencerminkan pandangan pemerintah India, melainkan menghubungkannya dengan elemen pinggiran. 

Dikatakan bahwa tindakan keras telah diambil terhadap mereka yang bertanggung jawab atas pernyataan yang menghina itu. Menyusul reaksi keras dari negara-negara Muslim, BJP yang berkuasa menangguhkan Sharma dan mengusir Jindal dari partai karena pernyataan mereka.

Pernyataan yang dikeluarkan oleh partai tersebut tidak menyebut siapa pun tetapi menggarisbawahi bahwa partai tersebut tidak memaafkan penghinaan terhadap agama apa pun dan menghormati semua keyakinan. “Partai Bharatiya Janata juga menentang ideologi apa pun yang menghina atau merendahkan sekte atau agama apa pun.  BJP tidak mempromosikan orang atau filosofi seperti itu. Selama ribuan tahun sejarah India, setiap agama telah berkembang dan berkembang. Partai Bharatiya Janata menghormati semua agama,” kata pernyataan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement