Selasa 07 Jun 2022 06:24 WIB

Takziah ke Ridwan Kamil, Anies: Eril Berpulang Husnul Khatimah

Saat takziah ke Gubernur Ridwan Kamil, Gubernur Anies sebut Eril husnul khotimah.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bilal Ramadhan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Anies Baswedan (kanan). Saat takziah ke Gubernur Ridwan Kamil, Gubernur Anies sebut Eril khusnul khotimah.
Foto: dok. Istimewa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Anies Baswedan (kanan). Saat takziah ke Gubernur Ridwan Kamil, Gubernur Anies sebut Eril khusnul khotimah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan istri bertakziah ke Ridwan Kamil dan keluarganya untuk berbela sungkawa dengan musibah yang menimpa Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Menurut Anies, atas nama pribadi, keluarga, dan seluruh masyarakat DKI Jakarta, ia menyampaikan ungkapan belasungkawa dan dukacita atas kepergian Eril. Sebagai wujud belasungkawa dan dukacita, kata Anies, warga DKI Jakarta pun telah menggelar shalat gaib untuk Eril.

Baca Juga

"Tadi ketemu dengan Kang Emil (Ridwan Kamil) dan Teh Atalia menyampaikan ungkapan belasungkawa dan rasa dukacita kami secara pribadi, keluarga dan atas nama seluruh masyarakat Jakarta, yang pada hari Jumat kemarin masjid di Jakarta mengadakan salat gaib untuk Emmeril Kahn atau Eril, itu yang kami sampaikan," ujar Anies usai bertakziah di Rumah Dinas Gubernur Jabar, Gedung Pakuan, Senin (6/6/2022) malam.

Anies mengatakan bahwa musibah yang menimpa Ridwan Kamil dan keluarganya telah membukakan mata banyak pihak kalau Eril sebagai sosok pemuda yang baik.

"Tentu kita mendengar cerita dan mendengar penuturan banyak hal, tapi kejadian ini membukakan kita semua pada begitu banyak kebaikan yang pernah Eril lakukan, cerita-ceritanya baru bermunculan sekarang," katanya.

Dengan kebaikan Eril yang banyak terungkap saat ini, Anies yakin, Eril berpulang dalam keadaan husnul khatimah. Bahkan, Anies juga yakin, Eril bakal menjadi pembuka pintu bagi ayah dan ibunya.

"Kami yakin insya Allah Eril husnul khotimah, ditinggikan derajatnya di sisi Allah dan nantinya insya Allah menjadi pembuka pintu jannah bagi ibunya, bagi ayahnya," katanya.

"Kita tidak pernah tahu siapa lahir duluan dan siapa wafat duluan dan tidak banyak orang tua yang mendapatkan ujian sebesar yang sedang dialami oleh Kang Emil dan Teh Atalia," imbuh Anies.

Anies berharap, sepeninggal Eril, Ridwan Kamil dan istri khususnya tetap diberikan kekuatan dan ketabahan sebagaimana yang mereka tunjukkan selama ini.

"Selama ini mereka berdua menunjukkan sikap orang tua yang tabah dan ikhlas serta menjadi teladan bagi kita semua," katanya.

Hingga saat ini, Eril yang tenggelam di Sungai Bern, Swiss belum ditemukan. Bahkan, setelah 12 hari pencarian. Keluarga besar Ridwan Kamil pun meyakini, Eril telah tiada, tenggelam di Sungai Aare.

Baca juga : Pencarian Eril akan Terus Dilakukan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement