Rabu 08 Jun 2022 11:26 WIB

Rusia Pulangkan Jenazah 210 Prajurit Ukraina

Sebagian besar prajurit Ukraina tersebut tewas dalam pertempuran di Mariupol.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
Prajurit Ukraina mengendarai tank di dekat garis depan di wilayah Donetsk, Ukraina timur, Senin, 6 Juni 2022. Rusia telah menyerahkan 210 jenazah prajurit Ukraina ke Kiev.
Foto: AP/Bernat Armangue
Prajurit Ukraina mengendarai tank di dekat garis depan di wilayah Donetsk, Ukraina timur, Senin, 6 Juni 2022. Rusia telah menyerahkan 210 jenazah prajurit Ukraina ke Kiev.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia telah menyerahkan 210 jenazah prajurit Ukraina ke Kiev. Sebagian besar prajurit tersebut tewas dalam pertempuran di Mariupol.

“Proses pengembalian jenazah para pembela Mariupol yang gugur sedang berlangsung. Hingga saat ini, 210 tentara kami telah dikembalikan. Kebanyakan dari mereka adalah pembela Azovstal yang heroik,” kata direktorat intelijen pertahanan Ukraina lewat akun Twitter-nya, Selasa (7/6/2022).

Baca Juga

Pabrik baja Azovstal merupakan benteng pertahanan terakhir pasukan Ukraina di Mariupol. Setelah pertempuran selama berpekan-pekan, Rusia akhirnya mampu menguasai situs tersebut dan mengontrol Mariupol. Saat ini Moskow dikabarkan masih menahan sekitar 2.000 prajurit Ukraina yang sebelumnya bertempur di Azovstal.

Ukraina mengatakan akan berusaha memulangkan mereka semua lewat skema pertukaran tahanan. "Pekerjaan berlanjut untuk membawa pulang semua pembela Ukraina yang ditangkap," kata direktorat intelijen pertahanan Ukraina.

Dalam wawancara dengan Financial Times yang dirilis pada Selasa lalu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kembali mengutarakan kesiapannya untuk melakukan pembicaraan langsung dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. 

“Saya siap untuk negosiasi langsung dengan Presiden Putin jika kita siap membahas mengakhiri perang ini dengan serius,” kata Zelensky.

Menurut dia, tak ada waktu untuk melakukan pembicaraan dengan Rusia dan membahas hal yang tak terkait dengan cara mengakhiri konflik. Misalnya, soal kemungkinan Ukraina bergabung ke Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). “Jika kami tidak berada di NATO, tidak ada pangkalan negara asing di wilayah kami. Jika Anda ingin menerima kami ke dalam NATO, silakan undang kami, tapi kami tidak membahasnya saat ini,” ucapnya.

Pekan lalu Zelensky mengatakan, seperlima wilayah Ukraina sudah berada di bawah kendali Rusia. Wilayah Donbas yang terletak di timur negara tersebut sudah hampir seluruhnya hancur. “Hingga hari ini, sekitar 20 persen wilayah kami dikuasai penjajah, hampir 125 ribu kilometer persegi, Ini jauh lebih besar daripada wilayah gabungan semua negara Benelux (Belanda, Luksemburg, dan Belgia),” kata Zelensky saat berbicara kepada anggota parlemen Luksemburg lewat sambungan video pada 2 Juni lalu, dikutip laman CNN.

Perang Rusia-Ukraina sudah berlangsung sejak 24 Februari lalu. Kedua negara telah beberapa kali mengadakan pembicaraan dan negosiasi. Namun kesepakatan tentang gencatan senjata atau penghentian pertempuran belum tercapai.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ
Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.

(QS. Al-Baqarah ayat 185)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement