Rabu 08 Jun 2022 12:26 WIB

Humor Gus Dur: PM India Tertawa Ada Orang Kencing di Pinggir Jalan Moskow, Ternyata Dubes India

Presiden Uni Soviet tertawa melihat banyak orang India kencing di pinggir jalan Kota New Delhi.

Rep: Kurusetra/ Red: Partner
Humor Gus Dur
Humor Gus Dur

Gus Dur. KH Abdurrahman Wahid bercerita tentang PM<a href= India dan Presiden Uni Soviet." />
Gus Dur. KH Abdurrahman Wahid bercerita tentang PM India dan Presiden Uni Soviet.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Hubungan Uni Soviet dan India semasa Perang Dingin sangat akrab. India yang menolak produk kapitalisme menempuh jalan sosialis, dengan membuat sendiri barang-barang modal dan barang konsumsi. Bajaj dan mobil sedan adalah satu produk India yang lahir di era tersebut.

Pada dekade 1960--1980-an orang-orang kaya amat bangga menaiki mobil-mobil sedan produksi dalam negeri. Jalan sosialis yang ditempuh India itu menggambarkan hubungan baik antara India dengan Uni Soviet, sehingga pimpinan kedua negara tersebut punya "kewajiban" untuk saling berkunjung.

BACA JUGA: Siapa Nupur Sharma, Politikus India yang Menghina Islam dan Nabi Muhammad

KH Abdurrahman Wahid punya cerita soal Soviet dan India. Suatu hari Presiden Uni Sovyet, Leonid Breznev, diundang Perdana Menteri Indira Gandhi berkunjung ke India. Mereka pun duduk dalam mobil yang sama dari Bandara menuju pusat pemerintah India di New Delhi.

Namun, ketika hendak memasuki Kota New Delhi, Breznev melihat banyak orang yang kencing di pinggir jalan. Ia pun berkomentar di depan Indira Gandhi.

"Di Moscow, Anda tak akan menemukan orang-orang kencing seenaknya di pinggir jalan,'' tukas Breznev. Indhira Gandhi langsung tertunduk malu dan tidak bisa bicara atau pun membantah fakta di depan mata.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Setelah Bubarkan Seminar, Dua Polisi Cegat Gus Dur di Jalan, Ternyata Mau Cium Tangan


Di kemudian hari, gantian Breznev mengundang Indira Gandhi ke Uni Soviet. Breznev melakukan hal serupa, menjemput Indhira Gandhi dari bandara. Namun, begitu masuk ke Kota Moskow, dari balik kaca mobil Indira melihat seseorang yang sedang berdiri di pinggir jalan.

"Breznev! Look what I find here!’' kata Indira berteriak sembari menunjuk orang yang berdiri di pinggir jalan yang sedang kencing. Breznev tetu saja terkejut, namun dia kemudian mengikuti saja arah telunjuk Indira Gandhi.

BACA JUGA: Politikus India Hina Nabi Muhammad, Islam Indonesia dari Gujarat, dan Warga India Hijrah ke Batavia

Melihat orang tersebut kencing di pinggri jalan Kota Moskow, tentu saja membuat Breznev malu. "Memalukan sekali!..," jerit Breznev dalam hati.

Breznev pun langsung memerintahkan konvoi kendaraan kepresidenan berhenti lalu memberi perintah kepada pengawalnya menangkap pria yang sedang kencing seenaknya di pinggri jalan. Apalagi ia melakukannya di Moscow, bukan Siberia!

BACA JUGA: Kisah Pilu Warga Belanda Ketika Disekap Jepang: Ditusuk Besi Panas Hingga Terpaksa Jadi LGBT


Sejumlah pengawal pun langsung mengepung dan hendak menangkap pria yang kencing di pinggir jalan tersebut. Namun, Breznev dan Indira heran karena pasukan pengawal presiden Uni Sovyet itu tidak melalukan penangkapan.

‘"Maaf Kamerad, tokoh yang kencing di pinggir jalan itu tak berani kami tangkap," lapor sang komandang pengawal kepresidenan.

BACA JUGA: Atalia Istri Ridwan Kamil: Kamu di Mana Ril? Sini Pulang

Karena menanggung malu kepada Indira Gandhi yang kini mulai senyam-senyum dengan senang di sampingnya, Breznev membentak: "Mengapa tidak berani?!!!!!" tukasnya geram.

Maka dengan ekpresi wajah kecut karena ketakutan, komandan pengawal itu kemudian menjawab: "Sebab, yang kencing di pinggir jalan itu adalah Dubes India."

BACA BERITA MENARIK LAINNYA:

> Humor NU: Orang Muhammadiyah Ikut Tahlilan Tapi Gak Bawa Pulang Berkat, Diledek Makan di Tempat Saja

> Bolehkah Makan Nasi Berkat dari Acara Tahlilan? Halal Bisa Jadi Haram

> Banyak Pria Jakarta Sakit Raja Singa Gara-Gara Wisata "Petik Mangga"

> Kata Siapa Muhammadiyah tidak Punya Habib, KH Ahmad Dahlan Itu Keturunan Rasulullah

> Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah Jadi Imam Tarawih di Masjid NU

> Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: [email protected]. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement