Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Nurul Jubaedah, M.Ag: Mengaktifkan Bahasa Inggris di Kalangan Guru

Eduaksi | Wednesday, 08 Jun 2022, 10:34 WIB
foto: dokpri NuJu

Giat Nurul Jubaedah, M.Ag dalam EFT + PGRI Batch B#12 punya misi memasyarakatkan Bahasa Inggris di kalangan guru, khususnya di Garut Jawa Barat. Ia prihatin kondisi pembelajaran bhs Inggris, di Garut. Selama ini pasif, makanya melalui acara ini English for Teacher Club.

“Ke depannya ingin mengaktifkan guru bahasa inggris agar lebih trampil dalam komunikasi bahasa Inggris” jelas Nurul Jubaedah, M.Ag melalui zoom.

Bagaimana strateginya agar guru bergairah dengan pembelajaran bhs Inggris?

“Mengajak mereka mengadakan program English For Teacher (EFT) agar ke depannya bisa melaksanakan kegiatan komunikasi seperti podcast atau club Di dalamnya tidak terikat hanya guru bahasa Inggris tetapi masuk ke program bilingual juga.”

10 Langkah Menulis

Dalam webinar yang digelar secara virtual pada 2 Juni 2022 itu, Nurul Jubaedah M. Ag memberikan materi khusus menulis dengan tajuk “10 Steps to be a Productive Writer for Beginner.

“Tujuan menulis adalah memberikan informasi tentang sesuatu yang berupa, fakta, opini, dan data kepada pembaca. Sehingga pembaca bisa mendapatkan ide dan pengetahuan baru dari tulisan.

Genre adalah jenis teks atau, dalam arti yang lebih luas, komposisi yang digunakan dalam konteks tertentu untuk tujuan tertentu dan sering kali memiliki bentuk, gaya, atau tema yang sama. Misalnya, ada genre dan subgenre non-fiksi (seperti biografi dan esai pribadi), sastra (puisi, fiksi, drama), musik (klasik, country, punk, dll.) hip hop, rap, rock) dan seni (masih hidup, potret, lanskap, abstraksi).

Ketika kita memahami apa itu genre, itu memengaruhi keputusan kita saat merencanakan, menciptakan, menyusun, meninjau, dan mengedit tulisan kita. Harapan yang akan dibuat untuk pembaca mengenai tujuan, bentuk, gaya dan bahan tulisan kami” jelas Nurul Jubaedah M. Ag.

Selanjutnya dipaparkan tentang sepuluh langkah bagi guru yang ingin memulai menulis baik di media daring maupun menulis buku. Berikut penuturan Nurul dalam bentuk tips.

Luruskan niat, pahami genre tulisan sendiri, masuk ke grup pegiat literasi, menulis di buku antologi sesuai grup, mulai menulis buku solo, mengikuti program menulis produktif, menulis di blog pribadi dan nasional, pasangkan tulisan dengan konten Youtube, share tulisan kita ke beberapa akun media sosial, dan aktif menjadi peserta lomba menulis.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image