Rabu 08 Jun 2022 17:10 WIB

PT Pos Permudah Pengiriman Buku ke Pelosok Negeri Bantu Genjot Literasi

Pos Indonesia hadir mempermudah akses masyarakat mendapatkan sarana pendidikan

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
 PT Pos Indonesia (Persero) turut membantu meningkatkan angka literasi masyarakat Indonesia. (ilustrasi)
Foto: facebook.com/posindonesia
PT Pos Indonesia (Persero) turut membantu meningkatkan angka literasi masyarakat Indonesia. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Pos Indonesia (Persero) turut membantu meningkatkan angka literasi masyarakat Indonesia. Yakni, dengan melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama bersama PT Gramedia Asri Media. Terutama, untuk pemanfaatan jasa Pos untuk kiriman produk market place.

Kerja sama dua perusahaan besar ini akan mempermudah akses masyarakat pelosok negeri mendapatkan buku bacaan. Penandatanganan kerja sama antara kedua belah pihak dilakukan di Gedung Pos Indonesia Jalan Cilaki, Kota Bandung, Rabu (8/6/2022).

Baca Juga

Kerja sama ditandatangani oleh Senior Vice President (SVP) Retail Business PT Pos Indonesia (Persero) Arifin Muchlis dan Marketing & Merchandising Director PT Gramedia Asri Media Ign Heri Darmawan. Turut menyaksikan, Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana beserta jajaran.

Menurut Siti Choiriana atau akrab disapa Ana, penandatanganan kerja sama ini adalah langkah konkret Pos Indonesia meningkatkan angka literasi masyarakat Indonesia terhadap sarana dan prasarana pendidikan seperti buku dan alat belajar.

Pos Indonesia, kata Ana, hadir mempermudah akses masyarakat mendapatkan sarana pendidikan dengan menghadirkan layanan kiriman yang mudah, cepat, dan terjangkau.

"Melalui kerja sama ini, marketplace Gramedia akan terintegrasi dengan platform digital courier PosAja! Siapapun yang berbelanja secara online di Gramedia akan mendapatkan kemudahan pelayanan dalam hal pengiriman barang melalui PosAja!" ujar Ana.

Sebaliknya, kata dia, pelanggan Pos Indonesia juga akan semakin mudah mengakses marketplace Gramedia melalui aplikasi PosAja!. Di aplikasi tersebut akan terdapat fitur marketplace yang salah satunya terhubung dengan Gramedia. Di platform marketplace Gramedia, masyarakat dapat memilih ribuan buku bacaan yang dapat dipilih berdasarkan lokasi Gramedia terdekat.

"Ini akan memudahkan masyarakat membeli buku. Dimanapun tempat tinggal mereka dari Sabang hingga Merauke, bisa dengan mudah membeli buku di Gramedia dengan dukungan layanan kurir kami," papar Ana.

Masyarakat, kata dia, bisa memilih berbagai jenis layanan kiriman PosAja! Yakni, mulai dari someday services, next day services, atau kiriman Paket Kilat Khusus. Layanan tersebut dapat diakses secara online dengan mudah. "Tarif PosAja! juga terjangkau dan kompetitif," katanya.

Tak hanya layanan kiriman di marketplace, kata dia, kerja sama antara Pos Indonesia dan Gramedia juga terkait akses layanan kurir dan logistik lainnya. Nantinya, Gramedia menggunakan jasa logistik Pos Indonesia dalam mengirim barang, melayani pesanan korporasi atau lainnya.

Ana mengatakan, kerja sama Pos Indonesia dengan Gramedia menambah daftar marketplace yang terhubung dengan aplikasi PosAja! Sebelumnya, PosAja! telah terhubung dengan Bazara, Beemarket, Bhineka, Brayamart, Belibenih, Padi UMKM, dan Indonesia In Your Hand.  

Aplikasi PosAja!, menurut Ana, dapat di-download di PlayStore dan AppStore. Aplikasi ini memberi pengalaman mengakses jasa kurir secara mudah tanpa harus datang ke loket. Berbagai layanan PosAja! diantaranya Pos Instan Plus untuk kiriman premium, Pos Instan untuk kiriman sameday, Pos Express untuk kiriman nextday, dan Pos Kilat Khusus untuk jasa reguler.

PosAja! juga terhubung dengan layanan e-wallet PosPay untuk berbagai layanan pembayaran. Masyarakat juga bisa menggunakan PosAja! untuk melakukan tracking kiriman.

Sementara menurut Marketing & Merchandising Director PT Gramedia Asri Media Ign Heri Darmawan, kerja sama ini adalah sinergi bersama memajukan bangsa. Karena, melalui kerja sama ini, keterbatasan distribusi yang dihadapi Gramedia bisa teratasi. "Selama ini kelemahan kami adalah masalah distribusi," katanya.

Melalui kerja sama ini, kata dia, pengiriman sarana dan prasarana pendidikan ke seluruh Indonesia tidak terkendala lagi. "Dengan kolaborasi ini, kami bisa menjangkau hingga pelosok mana pun. Kita tahu, Pos Indonesia punya pengalaman yang baik untuk distribusi ke seluruh Indonesia," katanya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللّٰهِ ۗوَالَّذِيْنَ مَعَهٗٓ اَشِدَّاۤءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاۤءُ بَيْنَهُمْ تَرٰىهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَّبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنَ اللّٰهِ وَرِضْوَانًا ۖ سِيْمَاهُمْ فِيْ وُجُوْهِهِمْ مِّنْ اَثَرِ السُّجُوْدِ ۗذٰلِكَ مَثَلُهُمْ فِى التَّوْرٰىةِ ۖوَمَثَلُهُمْ فِى الْاِنْجِيْلِۚ كَزَرْعٍ اَخْرَجَ شَطْـَٔهٗ فَاٰزَرَهٗ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوٰى عَلٰى سُوْقِهٖ يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَغِيْظَ بِهِمُ الْكُفَّارَ ۗوَعَدَ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ مِنْهُمْ مَّغْفِرَةً وَّاَجْرًا عَظِيْمًا ࣖ
Muhammad adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia bersikap keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu melihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridaan-Nya. Pada wajah mereka tampak tanda-tanda bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka (yang diungkapkan) dalam Taurat dan sifat-sifat mereka (yang diungkapkan) dalam Injil, yaitu seperti benih yang mengeluarkan tunasnya, kemudian tunas itu semakin kuat lalu menjadi besar dan tegak lurus di atas batangnya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan di antara mereka, ampunan dan pahala yang besar.

(QS. Al-Fath ayat 29)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement