Rabu 08 Jun 2022 20:51 WIB

Sejarah Terpisahnya India dan Pakistan

India tengah menjadi sorotan karena islamofobia.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Muhammad Hafil
 Sejarah Terpisahnya India dan Pakistan. Foto:  Anggota serikat pengemudi becak membakar representasi bendera nasional India dan gambar Nupur Sharma, juru bicara partai nasionalis Hindu yang berkuasa, selama demonstrasi untuk mengutuk referensi menghina Islam dan Nabi Muhammad yang dibuat baru-baru ini oleh Sharma, di Karachi , Pakistan, Selasa, 6 Juni 2022.
Foto: AP Photo/K.M. Chaudary
Sejarah Terpisahnya India dan Pakistan. Foto: Anggota serikat pengemudi becak membakar representasi bendera nasional India dan gambar Nupur Sharma, juru bicara partai nasionalis Hindu yang berkuasa, selama demonstrasi untuk mengutuk referensi menghina Islam dan Nabi Muhammad yang dibuat baru-baru ini oleh Sharma, di Karachi , Pakistan, Selasa, 6 Juni 2022.

REPUBLIKA.CO.ID,NEWDELHI–India sedang menjadi perbincangan hangat bagi masyarakat internasional, terutama karena hinaan salah seorang pejabat partai BJP India kepada Nabi Muhammad SAW. Beberapa masalah islamofobia sebelumnya akhirnya diungkit kembali karena kasus ini dan melahirkan banyak protes dari negara-negara Muslim. 

Namun sebenarnya India dan Islam mempunyai sejarah panjang sejak masa Rasulullah SAW masih hidup. Bahkan pada masa pemisahan India-Pakistan yang memisahkan banyak umat Hindu dan Muslim, Islam tetap menjadi agama terbesar kedua. 

Baca Juga

Bagaimana India dan Pakistan berpisah? 

Dilansir dari Aljazirah, pada Agustus 1947, Inggris memutuskan untuk mengakhiri kekuasaan mereka selama 200 tahun di anak benua India dan membaginya menjadi dua negara terpisah, Pakistan yang mayoritas Muslim dan India yang mayoritas Hindu.

Namun, proses pembagiannya tidak sederhana.  Selain wilayah yang dikuasai Inggris, anak benua itu juga terdiri dari banyak wilayah lain di bawah kekuasaan Prancis, Portugis, atau Oman, serta lebih dari 500 negara pangeran berdaulat yang diperintah oleh raja setempat.

Setelah kemerdekaan, Inggris memberi wilayah yang dikuasai bangsawan pilihan untuk bergabung dengan India atau Pakistan, dengan menandatangani Instrumen Aksesi atau tetap merdeka. Tapi beberapa wilayah ini tidak menjadi bagian dari India atau Pakistan hingga kini. 

 Saat ini, Kashmir tetap menjadi satu-satunya wilayah British India yang belum terintegrasi ke dalam salah satu dari dua negara atau memperoleh kemerdekaan.

Apa yang menyebabkan pemisahan India dan Pakistan?

Dikutip dari The Culture Trip, perpecahan antara Hindu dan Muslim telah didorong oleh pendekatan "pecah belah" Inggris.  Muslim adalah minoritas di India dan beberapa pemimpin khawatir tentang kondisi India yang didominasi oleh penguasa Hindu.  

Tokoh India Gandhi menyerukan kedua kelompok agama untuk bekerja sama, dan pemimpin kelompok politik Liga Muslim, Muhammad Ali Jinnah, percaya bahwa umat Islam membutuhkan tanah air di India.  Namun, kekerasan yang meluas antara umat Hindu dan Muslim dimulai di Kalkuta pada Agustus 1946 dan kemudian menyebar ke seluruh India Utara.  

Selama konflik yang juga dikenal sebagai Pembunuhan Besar di Kalkuta, Muslim di Kalkuta melakukan hartal (pemogokan) untuk mendesak negara baru Pakistan.  Protes tersebut mengakibatkan beberapa hari terburuk kerusuhan komunal British India yang pernah terjadi.

Gerakan Pakistan atau Tehrik-e-Pakistan

Meskipun mayoritas penduduk India di bawah British Raj beragama Hindu, beberapa provinsi (sekarang disebut negara bagian) memiliki mayoritas Muslim.  Karena kerusuhan politik di negara itu, Inggris memutuskan bahwa India perlu dipartisi untuk membuat tanah air terpisah bagi Muslim India, tetapi tidak segera jelas provinsi mana yang akan bergabung dengan negara mana.  Beberapa diberikan hak untuk memilih, sementara yang lain dibagi – provinsi Assam, Bengal dan Punjab masing-masing dibagi dua, dengan satu setengah pergi ke India dan yang lainnya ke Pakistan baru. 

Baca juga : Usai Penghinaan Nabi Muhammad, Beredar Surat Ancaman Gerilyawan akan Balas India

Setelah pemisahan, Jinnah menjadi Gubernur Jenderal Pakistan pertama, dan Jawaharlal Nehru menjadi presiden pertama India.  Gandhi, yang tetap menjadi pendukung terkuat untuk sebuah negara bersatu, ditembak oleh seorang fanatik agama Hindu pada tahun 1948. 

Kemudian seorang pengacara Inggris bernama Cyril Radcliffe, yang belum pernah menginjakkan kaki di Asia, dipanggil untuk membuat perbatasan antara kedua negara.  Sesampainya di India hanya beberapa hari sebelum pemisahan, Radcliffe menyusun rencana cepat yang dirahasiakan karena takut Inggris akan disalahkan atas kekerasan yang pasti akan terjadi.

 India dan negara bagian baru Pakistan diberikan kemerdekaan pada 14 Agustus 1947, tetapi baru mengetahui perbatasan baru dua hari setelahnya.  Minggu-minggu dan bulan-bulan menjelang dan setelah pemisahan menyaksikan tingkat kerusuhan, kekerasan, kehilangan harta benda, pemerkosaan, penculikan dan pembunuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya.  

Kekerasan lebih buruk di dua bagian Punjab, ketika umat Hindu menuju ke satu arah dan Muslim ke arah lain, dengan Syiah dan minoritas lainnya terjebak di tengah.  Angka yang akurat sulit untuk ditentukan, tetapi diyakini bahwa hingga 16 juta orang mengungsi, hingga 2 juta terbunuh dan hingga 100.000 wanita dan anak perempuan diculik atau diperkosa. 

Baca juga : Partai Berkuasa India Minta Anggotanya Hati-Hati Bicara Agama

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement