Rabu 08 Jun 2022 22:02 WIB

Risma Bakal Tingkatkan Kualitas Hidup Suku Laut Batam

Masyarakat setempat akan mendapat bantuan guna meningkatkan kualitas hidup mereka

Rep: Febryan A/ Red: Andi Nur Aminah
Menteri Sosial Tri Rismaharini
Foto: Humas Kemensos
Menteri Sosial Tri Rismaharini

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi Suku Laut di Pulau Bertam, Kota Batam, Kepulauan Riau, Selasa (7/6/2022). Risma menyatakan akan memberikan sejumlah bantuan bagi masyarakat setempat guna meningkatkan kualitas hidup mereka. 

Secara umum, kata Risma, Pulau Bertam yang berlokasi di perbatasan dengan Singapura itu dihadapkan pada tantangan keterbatasan akses sehingga membuat pelayanan dasar sulit terpenuhi. Pelayanan dasar pendidikan, misalnya. 

Baca Juga

Risma pun mengaku akan menyediakan sarana pendidikan bagi anak-anak Suku Anak Laut Pulau Bertam. Namun bukan dengan mendirikan sekolah karena akan sulit mendatangkan guru. 

"Sementara, saya akan pasang tower di tiga pulau. Anak-anak belajar di sekolah cabang yang ditunjuk Pak Wali Kota. Anak-anak sekolah di sini dengan bantuan sarana internet. Itu seperti Suku Anak Dalam di Jambi," kata Risma, dikutip dari siaran persnya. 

Untuk memfasilitasi kegiatan belajar itu, Mensos akan membangun fasilitas berupa bangunan sederhana di pulau tersebut. "Nanti guru mungkin akan datang dua bulan sekali untuk mengajar secara tatap muka," ujarnya. 

Untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat, Risma hendak memanfaatkan energi surya. Dia berencana mendatangkan alat-alat solar cell ke pulau itu. 

Mensos juga menginstruksikan kepada jajarannya untuk mengecek apakah ibu-ibu setempat sudah mendapatkan program pemberdayaan. Mensos meminta mereka agar didata dan dipertimbangkan mendapat bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH). 

"Saya  juga akan menurunkan tim untuk memberikan pelatihan bagi para ibu-ibu membuat sesuatu dan kami akan ajarkan bagaimana cara menjualnya," katanya. 

Berbagai rencana Risma itu mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Kepulauan Riau Marlin Agustina dan Wali Kota Batam Muhammad Rudi, yang turut hadir dalam kesempatan itu. Marlin Agustina mengatakan, Mensos hadir dan membawa program yang sangat luar biasa. 

"Keterbatasan kami di provinsi didukung oleh Pemerintah Kota Batam dan ibu Menteri, sungguh sangat luar biasa.  Mudah-mudahan dengan program ini membuat kita lebih baik lagi," katanya. 

"Terima kasih kepada pemerintah pusat yang dari jauh datang kemari untuk memberikan kesejahteraan," imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement