UGM Residence Kembali Gelar Festival Budaya

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin

UGM Residence Kembali Gelar Festival Budaya. Kampus UGM Yogyakarta.
UGM Residence Kembali Gelar Festival Budaya. Kampus UGM Yogyakarta. | Foto: Yusuf Assidiq

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- UGM Residence kembali menggelar Cultural Festival yang jadi kegiatan tahunan sebagai puncak kegiatan life skill mahasiswa asrama. Dihadirkan sebagai pelestarian budaya bangsa menampilkan budaya dari berbagai daerah di Indonesia.

Kordum Cultural Festival 11, Irvan Nur Fadhillah mengatakan, tahun ini mengusung Cipta dan Karsa Generasi Muda Tebarkan Pesona Budaya Nusantara. Diikuti seluruh mahasiswa asrama, Organisasi Mahasiswa Daerah dan perwakilan fakultas/sekolah.

"Melalui festival kebudayaan ini mahasiswa selalu dapat mempertahankan identitas kebudayaan Indonesia, menjadikan kebudayaan sebagai modal pembangunan bangsa dan negara," kata Irvan melalui rilis tertulis yang diterima Republika, Rabu (8/6).

Beberapa kegiatan antara lain Unjuk Seni Kebudayaan, Talkshow Kebudayaan, Putra Putri Culfest, Ormada Culture Show, Kuis Budaya, serta Diorama Pusaka dan Pasar Budaya. Cultural Festival 11 diadakan 7-8 Juni 2022 di Grha Sabha Pramana UGM.

Baca Juga

Acara Cultural Festival 11 ini terbuka untuk umum dan gratis. Selain berlangsung secara luring, rangkaian kegiatan Cultural Festival 11 turut ditayangkan secara daring yaitu melalui siaran secara langsung di kanal YouTube UGM Residence.

Pada hari pertama Cultural Festival 11 diawali agenda opening yang akan dihadiri Rektor UGM. Kemudian, agenda hari pertama dilanjutkan unjuk seni kebudayaan dari berbagai daerah Indonesia dan ditutup penampilan dari UGM Residence Club Band.

Pada hari kedua Cultural Festival 11 diawali kegiatan Talkshow Kebudayaan dengan tema Generasi Muda, Multikulturalisme dan Persatuan Indonesia. Menghadirkan tiga pembicara seperti Guru Besar Antropologi Budaya, Prof Heddy Shri Ahimsa Putra.

"Pegiat Seni dan Duta Museum DIY 2022, Ramdani Rahmad dan mahasiswa asrama UGM Residence, Fachmi Fabian, dilanjutkan dengan Festival Diorama Pusaka Budaya," ujar Irvan.

Selanjutnya, terdapat rangkaian Kuis Budaya yang diikuti oleh 24 mahasiswa UGM Residence dari delapan unit asrama. Terdapat rangkaian acara Malam Puncak dan Ormada Culture Show yang turut dibuka dengan penampilan paduan suara PSM FIB.

Dilanjutkan dengan pengumuman lima besar Putra Putri Culfest sekaligus seleksi semifinal dan final. Lalu, penampilan dari UKM Seni Tari UKJGS UGM, Unjuk Seni Kebudayaan, Diorama Pusaka Budaya, Kuis Kebudayaan, dan Putra Putri Culfest. 

Terkait


Festival Budaya Isen Mulang 2022 di Palangkaraya

Implementasi BIM Mendukung Percepatan Pembangunan

Rektor UGM Lantik 228 Insinyur Baru

UGM Raih 14 Medali Kompetisi Nasional MIPA

Siswi Malang Wakili Indonesia pada Festival Internasional

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark