Kamis 09 Jun 2022 13:43 WIB

Gempa Sulbar, Ribuan Orang di Mamuju Masih Mengungsi

Sekitar 7.650 warga Kabupaten Mamuju mengungsi.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Andi Nur Aminah
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, sebelum naik ke Helikopter BNPB (ilustrasi)
Foto: Dok BNPB
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, sebelum naik ke Helikopter BNPB (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gempa bumi Magnitudo (M) 5,8 yang berpusat di koordinat 2,77° LS ; 118,56° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 26 kilometer arah Barat Tapalang Barat, Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diketahui telah menyebabkan kerusakan beberapa bangunan. Sekitar 7.650 warga Kabupaten Mamuju mengungsi.

"Berdasarkan laporan visual dari lapangan per Rabu (8/6/2022) pukul 21.50 WIB, para warga mulai mendirikan tenda darurat menggunakan terpal berwana biru dan oranye di beberapa titik tak jauh dari permukiman mereka. Di pelataran masjid Deking dan di SMK Kota Tinggi," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (9/6/2022).

Baca Juga

Hal serupa juga dilakukan oleh para warga Kabupaten Mamuju karena khawatir terjadi gempa bumi susulan dan potensi ancaman tsunami. BNPB memantau dari lapangan ada tiga titik pengungsian warga yakni di Stadion Mamuju, Kantor Bupati Mamuju dan Kantor TVRI Sulawesi Barat di Mamuju. Jumlah warga yang mengungsi sementara ada sebanyak 7.670 jiwa.

Sementara itu, berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Barat, sebanyak 17 warga mengalami luka-luka setelah terkena material reruntuhan bangunan Gedung PKK, Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Barat, ketika gempa bumi terjadi. Saat ini, para warga yang terluka telah telah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Mamuju.

Ia menambahkan, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto terbang menuju Kabupaten Mamuju, Kamis (9/6/2022) pagi. Kehadiran Kepala BNPB itu menjadi wujud respons cepat Pemerintah Pusat untuk memastikan penanganan darurat bencana gempa bumi magnitudo (M) 5,8 yang mengguncang wilayah Provinsi Sulawesi Barat pada Rabu (8/6/2022) dapat berjalan dengan baik.

"Kehadiran BNPB di Mamuju hari ini guna memastikan agar penanganan tanggap darurat berjalan dengan baik," ujar Kepala BNPB Suharyanto.

Kepala BNPB bertolak dari bandara Pondok Cabe di Tangerang Selatan pada pukul 08.00 WIB dengan membawa rombongan yang meliputi Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Deputi Bidang Logistik dan Peralatan, Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan, Direktur Pengelolaan Logistik dan Peralatan, Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat, Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial, Ekonomi dan Sumber Daya Alam, Tenaga Ahli serta Staf Khusus.

Sesuai rencana, Kepala BNPB beserta rombongan akan bertemu dengan Gubernur Provinsi Sulawesi dan jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat di Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Barat guna melaksanakan rapat koordinasi percepatan penanganan bencana gempa bumi. Usai rapat koordinasi, Kepala BNPB dijadwalkan untuk meninjau lokasi terdampak untuk mendapatkan informasi di lapangan mengenai kebutuhan dasar saat kondisi kedaruratan. 

Pada tinjauan lapangan tersebut Kepala BNPB akan menyerahkan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) dan bantuan logistik serta peralatan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat. Kepala BNPB juga akan memberikan keterangan resmi kepada awak media terkait perkembangan terkini penanganan bencana gempabumi M 5,8 Mamuju usai peninjauan lapangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement