Kamis 09 Jun 2022 17:01 WIB

Cupra Akan Luncurkan Tiga Model Kendaraan Listrik Pada 2025

Tiga model yang akan diluncurkan adalah Terramar, Tavascan, dan UrbanRebel.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Mobil Cupra. Merek Volkswagen Spanyol, Cupra, akan meluncurkan tiga model kendaraan listrik pada 2025.
Foto: Carscoops
Mobil Cupra. Merek Volkswagen Spanyol, Cupra, akan meluncurkan tiga model kendaraan listrik pada 2025.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merek Volkswagen Spanyol, Cupra, akan meluncurkan tiga model kendaraan listrik pada 2025. Termasuk apa yang akan menjadi kendaraan listrik penuh pertama yang dibuat di Spanyol, kata Cupra dikutip Reuters pada Kamis (9/6/2022).

Volkswagen mengirimkan 452 ribu kendaraan serba listrik tahun lalu dan menargetkan setengah dari output globalnya menjadi serba listrik pada 2030. Produsen mobil Jerman itu telah mengalokasikan 159 miliar euro selama lima tahun ke depan untuk investasi dalam elektrifikasi, jauh lebih banyak daripada saingannya.

Baca Juga

Cupra, yang memiliki hubungan dekat dengan merek SEAT Spanyol lainnya dari VW dan berfokus pada kendaraan sport dengan margin tinggi, meluncurkan model barunya di sebuah acara di luar Barcelona. Mereka akan menambah jumlah modelnya menjadi tujuh.

"Dalam jangka menengah, tujuan kami adalah mengirimkan 500.000 mobil per tahun dan mendorong ekspansi internasional kami ke pasar baru serta memasuki segmen baru," kata CEO Cupra Wayne Griffiths dalam sebuah pernyataan.

Sejak didirikan pada 2018, Cupra telah mengirimkan sekitar 200.000 mobil dan omzetnya mencapai sekitar 2,2 miliar euro pada 2021.

Model Terramar akan menjadi kendaraan utilitas sport listrik pertama dan akan tersedia pada 2024 baik dengan mesin pembakaran internal atau sebagai plug-in hybrid. Mobil itu akan diproduksi di pabrik Audi Gyor di Hungaria.

Tavascan adalah mobil konsep listrik yang diharapkan akan diluncurkan pada tahun 2024. Detail produksinya belum diumumkan.

Pada 2025, Cupra akan meluncurkan model listrik UrbanRebel-nya. Produksi direncanakan di pabrik SEAT di Martorell, Barcelona.

Ini adalah kendaraan listrik pertama yang ditugaskan ke Martorell, yang bertujuan untuk memproduksi 500.000 mobil listrik setahun, termasuk untuk Grup Volkswagen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement