Kamis 09 Jun 2022 23:42 WIB

Pengamat: Erick Thohir dan Ganjar Mampu Jalankan Tugas Khusus Agraris dari Presiden

Erick mampu membentuk unit PMO yang sanggup bergerak cepat.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Menteri BUMN, Erick Thohir bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Foto: dok. Istimewa
Menteri BUMN, Erick Thohir bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahli Studi Agraria dan Pengelolaan Hutan berbasis Masyarakat dan Ekologis Noer Fauzi Rachman, Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mampu menjalani tugas Presiden Joko Widodo di bidang agraris yang berkaitan dengan pemanfaatan hutan milik negara termasuk milik BUMN, hutan Perhutani oleh rakyat. Noer Fauzi Rachman juga mengatakan, Jokowi memberi  penugasan khusus kepada Erick Thohir untuk mengkordinir segala usaha agar ada peningkatan produktivitas dan perbaikan ekologi dari tanah negara yang diberikan  berupa hak milik kepada kelompok rakyat, dan hutan sosial yang diberikan hak pemanfaatannya kepada kelompok rakyat. 

"Menteri BUMN dapat memberi penugasan dan orkestrasi terhadap BUMN-BUMN dalam bidang pembibitan, teknologi pertanian, pengolahan pangan, farmasi hingga kehutanan, untuk   bekerja sama (bukan hanya sama-sama kerja)," kata dia, Kamis (9/6/2022).

Baca Juga

Dia mengatakan, Erick dapat membentuk unit Project Manajemen Office (PMO) yang sanggup bekerja cepat dan dengan metodologi yang tepat untuk mampu membangkitkan partisipasi rakyat, dan memanfaatkan pengetahuan, teknologi dan sumberdaya BUMN. 

"Misalnya, penyediaan bibit, pupuk, asistensi teknis, skema-skema permodalan, sarana, pendidikan dan latihan, dan sebagainya," ujarnya. 

"Jangan mengulang sentralisme dan model pembangunan  revolusi hijau panca usaha tani yang justru berakibat buruk berupa hilangnya bibit-bibit asli, pengetahuan dan teknologi lokal dalam pembibitan, penanaman, pembuatan pupuk alami, pemeliharaan, pengendalian hama secara biologis, pemanenan hingga pascapanen," kata dia menambahkan 

Sementara, kata Fauzi, Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah, dan wakil pemerintah pusat di provinsi, telah ditugaskan untuk menjadikan Jawa Tengah sebagai wilayah pertama yang paling siap  menyongsong dan menjalankan apa-apa yang diorkestrasi oleh unit PMO yang dibentuk dan dipimpin langsung oleh Menteri BUMN tersebut.

"Tugas ini tidak sulit bagi Erick Thohir lakukan dalam posisi, kewenangan dan track record kompetensinya sebagai Menteri BUMN. Dan begitu pula untuk mengawali kerja PMO itu dengan kewenangan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement