Sabtu 11 Jun 2022 00:07 WIB

Tiga Manfaat Istighfar

Apabila istighfar disertai dengan taubat, maka itu merupakan kesempurnaan.

Rep: Rossi Handayani / Red: Ani Nursalikah
Tiga Manfaat Istighfar
Foto: republika
Tiga Manfaat Istighfar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang Muslim yang senantiasa beristighfar akan mendapatkan manfaat yang banyak di dalamnya, seperti meraih kebaikan dalam rezeki, kesehatan fisik, dan lainnya.

Dikutip dari buku Jangan Takut Hadapi Hidup karya Aidh Abdullah Al-Qarny, dengan beristighfar, Allah berkenan mengampuni dosa seorang hamba sebagai pengabulan atas doanya. Apabila istighfar disertai dengan taubat, maka itu merupakan kesempurnaan.

Baca Juga

Allah Subhanahu wa Ta'ala bisa mengampuni dosa-dosa, meskipun bukan dalam rangka bertaubat jika seseorang mengucapkan astaghfirullah, astaghfirullah, dan astaghfirullah (aku memohon ampun kepada Allah).

Adapun istighfar mempunyai tiga manfaat, yaitu:

1. Allah tidak akan mendahulukan kebinasaan Anda di dunia

Imam Ja’far Shadiq berkata, “Andaikata ada petir dari langit yang turun ke bumi, tentu ia akan menyambar setiap hamba kecuali orang yang beristighfar. Hal ini karena Allah Subhanahu wa Ta'ala telah berfirman,

وَمَا كَانَ اللّٰهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَاَنْتَ فِيْهِمْۚ وَمَا كَانَ اللّٰهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُوْنَ

“Dan Allah sekali-sekali tidak akan menurunkan azab kepada mereka sedangkan engkau ada di antara mereka. Dan Allah (juga) tidak akan menurunkan azab kepada mereka sedangkan mereka meminta ampun.” (Al-Anfal ayat 33)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement