Sabtu 11 Jun 2022 15:19 WIB

Pertamina Cilacap Terlibat Penanaman 50 Ribu Mangrove dan Tebar 1.000 Bibit Kepiting

Pertamina ambil bagian dalam pelestarian Sungai Donan melalui penanaman mangrove

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Christiyaningsih
Pertamina ambil bagian dalam pelestarian Sungai Donan melalui penanaman mangrove di Sungai Donan.Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Arnas Padda
Pertamina ambil bagian dalam pelestarian Sungai Donan melalui penanaman mangrove di Sungai Donan.Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap turut ambil bagian dalam pelestarian Sungai Donan melalui penanaman 50 ribu pohon mangrove dan tebar 1.000 bibit kepiting di area Kampoeng Kepiting Kutawaru, Cilacap Tengah, Selasa (7/6/2022). Kegiatan dalam rangkaian Hari Lingkungan Hidup ini diselenggarakan atas kerja sama Perum Jasa Tirta I bersama PT KPI RU IV dan Pemkab Cilacap.

Sungai Donan menjadi sungai yang masuk Wilayah Strategis Nasional Serayu – Bogowonto sebagaimana diatur Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat nomor 4 tahun 2015. Sungai ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dan industri sebagai jalur transportasi, penyedia air baku, dan lainnya.

Baca Juga

Kegiatan dihadiri Dirut PT Jasa Tirta I Raymond Valiant Ruritan; Kabiro Infrastruktur Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Tengah Dadang Somantri; Sekda Cilacap Awaluddin Muuri; Asisten Ekonomi dan Pembangunan Wasi Aryadi; Kepala Dinas Lingkungan Hidup Cilacap Sri Murniyati; dan Supervisor Monitoring Waste Management HSSE PT KPI RU IV Yogi Wardana.

Dijelaskan Raymond penanaman mangrove bertujuan mencegah abrasi Sungai Donan serta melestarikan biota laut yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. “Ditambah penyebaran 1.000 bibit kepiting diharapkan semakin mendongkrak semangat warga dalam menambah penghasilan melalui olahan kepiting,” ujarnya.

Selain penanaman mangrove dan bibit kepiting, dalam kesempatan itu juga dilakukan sosialisasi pengelolaan limbah domestik sebagai upaya pelestarian Sungai Donan serta bantuan 10 unit sumur resapan untuk warga Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan.

Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI RU IV Cecep Supriyatna menyambut baik kolaborasi PT Jasa Tirta I, PT KPI RU IV, dan Pemkab Cilacap dalam pelestarian Sungai Donan melalui kegiatan bersama. “Ini menjadi bukti sinergi yang kuat dan harmonis antara stakeholder dan masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan. Karena upaya menjaga keberlangsungan lingkungan butuh komitmen dari seluruh elemen yang memiliki semangat dan visi yang sama,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement