Ahad 12 Jun 2022 00:51 WIB

Vespa World Days Diharapkan Bangkitkan Pariwisata Bali

Vespa World Days kali ini adalah yang pertama di gelar di luar Eropa.

Red: Friska Yolandha
Pecinta vespa melakukan atraksi freestyle saat Vespa World Days (VWD) 2022 di Nusa Dua, Bali, Sabtu (11/6/2022). Atraksi freestyle vespa itu merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan untuk memeriahkan penyelenggaraan Vespa World Days 2022 yang diikuti oleh sekitar 8.600 orang pecinta vespa dari berbagai negara.
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Pecinta vespa melakukan atraksi freestyle saat Vespa World Days (VWD) 2022 di Nusa Dua, Bali, Sabtu (11/6/2022). Atraksi freestyle vespa itu merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan untuk memeriahkan penyelenggaraan Vespa World Days 2022 yang diikuti oleh sekitar 8.600 orang pecinta vespa dari berbagai negara.

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Penyelenggaraan Vespa World Days (VWD) 2022 di Pulau Bali diharapkan dapat kembali membangkitkan sektor pariwisata Pulau Dewata yang terdampak pandemi COVID-19. Penyelenggaraan VWD 2022 yang diikuti sekitar 8.600 orang peserta dari berbagai negara itu merupakan penyelenggaraan yang pertama kali diselenggarakan di luar benua Eropa.

"Manfaatnya banyak sekali dan luar biasa. Ini pertama kali di luar Eropa, artinya peluang untuk mendorong pariwisata dan ekonomi kreatif kita bangkit kembali," ujar Wakil Ketua Ketua MPR Muhaimin Iskandar saat menghadiri kegiatan itu di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (11/6/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, VWD 2022 juga tidak hanya berdampak positif bagi sektor pariwisata serta ekonomi kreatif tetapi juga dari segi vespa sebagai hobi yang produktif. "Kita berharap Vespa World Days ini bisa mendongkrak wisata bukan hanya di Bali tapi Indonesia. Kami ingin adakan vespa-vespa Indonesian Days di beberapa tempat," katanya.

Dalam kesempatan itu, Muhaimin Iskandar juga mengikuti rolling thunder atau touring berkeliling kawasan pariwisata The Nusa Dua hingga ke venue utama VWD Bali 2022 di Peninsula Island bersama Scooter Owner Group (SOG) Indonesia.

"SOG Indonesia ini saya bergabung di Bandung tahun lalu. Dan dengan sangat semangat hari ini ada event yang luar biasa yaitu Vespa World Days yang diselenggarakan di Nusa Dua Bali," ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir saat membuka VWD 2022 mengapresiasi persahabatan dan persaudaraan erat dari berbagai komunitas Vespa di Indonesia dan dunia dihelatan Vespa World Days 2022 Bali. "Saya senang bisa bertemu penggemar Vespa dari seluruh dunia. Saya juga tentu senang sekali dengan slogan 'Satu vespa, sejuta saudara'. Menurut saya, ini luar biasa," katanya.

photo
Pengunjung mengamati vespa yang dipajang di Museum Vespa dalam rangkaian Vespa World Days (VWD) 2022 di Nusa Dua, Bali, Sabtu (11/6/2022). Museum Vespa yang dibuka selama VWD 2022 tersebut memajang koleksi 58 unit vespa buatan tahun 1948 hingga 2021 milik kolektor dari berbagai daerah di Indonesia. - (ANTARA/Fikri Yusuf)

Ia mencontohkan kedekatan tali persaudaraan yang dapat terjalin di dalam sebuah komunitas. Misalnya ketika berpapasan di jalan saling menyapa, hingga yang tengah kesusahan di jalan pun dibantu agar bisa berkendara bersama."Motornya sama-sama Vespa, tapi yang naik berbeda suku, agama, bahkan bangsa. Ini adalah bagaimana kita menghormati persaudaraan," ujar Erick Thohir.

Managing Director PT Piaggio Indonesia Marco Noto La Diega menjelaskan pihaknya akan terus mendukung kegiatan komunitas Vespa. Menurutnya, pelaksanaan VWD ini merupakan semangat yang alami oleh masing-masing komunitas Vespa.

Untuk itu, pihaknya terus mendukung berbagai kegiatan ke depannya sesuai dengan slogan Vespa Satu Vespa Sejuta Saudara. "Kita merayakan event yang sangat istimewa ini. Banyak pencinta Vespa yang datang dari berbagai daerah dan menggunakan berbagai jenis Vespa. Semuanya di sini jadi bersatu dan bersaudara. Tentu kita akan terus mendukung kegiatan semacam ini ke depannya," katanya.

Ia menambahkan, Vespa World Days (VWD) 2022 juga merupakan momentum untuk melakukan perayaan komunitas, merayakan cinta. Kecintaan terhadap vespa. Oleh karena itu ia berterima kasih kepada komunitas.

"Kita sangat senang, kita di belakangmu, kita bersamamu. Satu vespa sejuta saudara. Itulah spiritnya hari ini," ujar Marco Noto La Diega.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement