Ahad 12 Jun 2022 07:20 WIB

Jokowi Minta Relawannya Introspeksi: 'Ojo Dumeh'

Jokowi ajak relawannya tidak tergesa-gesa dan tetap serap aspirasi rakyat

Rep: Dessy Suciati Saputri, Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Presiden Joko Widodo ajak relawannya tidak tergesa-gesa dan tetap serap aspirasi rakyat
Foto: ANTARA/HO-Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo ajak relawannya tidak tergesa-gesa dan tetap serap aspirasi rakyat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta relawannya untuk berhati-hati dalam bersikap dan mengingatkan relawannya agar tak berperilaku berlebihan dan juga melakukan introspeksi untuk melihat kekurangan masing-masing.

"Kita ini jangan berlebihan dalam berperilaku. Kita semuanya harus introspeksi. Saya sendiri juga merasa banyak kekurangan perlu introspeksi. Kita semua juga perlu melihat kekurangan diri kita itu apa," kata Jokowi di acara Silaturahim Tim Tujuh Relawan Jokowi di E-Convention Ancol, Jakarta Utara, dikutip pada Ahad (12/6/2022).

Baca Juga

Jokowi meminta agar para relawan tak berbuat seenaknya karena menjadi relawannya."Jangan mentang-mentang 'aduh karena saya relawan Jokowi, sekarang yang kita dukung jadi Presiden, menjadi mentang-mentang'. Ojo dumeh. Kalau orang Jawa bilang ojo dumeh. Jangan berlebihan dalam berperilaku. Jangan mentang-mentang dalam berperilaku," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga meminta relawannya agar tak tergesa-gesa dalam menentukan masalah politik di 2024. Ia mengatakan, masih banyak persoalan besar negara yang hingga kini masih perlu diselesaikan. Karena itu, urusan politik agar tidak dilakukan terburu-buru.

Ia berjanji akan kembali berdiskusi terkait masalah dukungan di Pemilu 2024 nanti jika momentumnya sudah tepat. Namun, Jokowi meminta agar para relawannya mendengarkan suara akar rumput terlebih dahulu. 

"Pesan saya dengarkan suara-suara di akar rumput. Suara-suara di rakyat seperti apa. Tugas bapak ibu semuanya mendengarkan. Nanti kalau momentumnya sudah tepat, saya akan ajak bicara lagi. Kita ketemu lagi," ujar Jokowi. 

Jokowi mengatakan, masalah politik di 2024 nanti merupakan keputusan bersama, bukan hanya menjadi keputusan dirinya saja karena itu, ia meminta para relawannya agar tak keliru apa keinganan rakyat. 

Sementara itu Ketua Relawan Muda Tim 7, Jepri, menyatakan satu sikap 2024 bersama dengan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Mereka menegaskan akan mengawal, mendukung dan satu komando atas sikap dari Jokowi. 

"Keluarga besar relawan Tim 7 Jokowi, sekali lagi menegaskan bahwa kami akan selalu satu komando, gandeng renteng, madep mantep dan satu sikap, selalu bersama Jokowi. Satu sikap 2024 bersama Jokowi," ujar Jepri dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (11/6/2022). 

Dalam kesempatan ini, di hadapan Presiden Jokowi, Jepri memastikan bahwa relawan tim 7 solid dan akan terus menunjukan sikap setia kepada Jokowi. Ia menyebut, pihaknya berkomitmen selalu mengawal kerja yang dilakukan Jokowi untuk Indonesia.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement