Ahad 12 Jun 2022 23:14 WIB

Tchouameni dan Camavinga, Efek dari Mengejar Mbappe

Real Madrid mendatangkan Aurelien Tchouameni dengan nilai transfer 100 juta euro.

Rep: dip purwadi/ Red: Partner
.
.

Gelandang anyar Real Madrid, Aurelien Tchouameni. (Twitter/@atchouameni)
Gelandang anyar Real Madrid, Aurelien Tchouameni. (Twitter/@atchouameni)

KARTUMERAH -- Real Madrid resmi mendatangkan gelandang Aurelien Tchouameni dari AS Monaco dengan nilai transfer 100 juta euro. Sama seperti caranya mendapatkan Eduardo Camavinga, ada efek Kylian Mbappe dalam upaya Real Madrid memboyong Tchouameni.

Penandatanganan keduanya memiliki kesamaan. Tchouameni dan Camavinga sama-sama berasal dari Prancis dan didatangkan dari klub Prancis. Tchouameni diboyong dari AS Monaco, sementara Camavinga didatangkan dari Rennes pada Agustus 2021.

‘’Tchouameni dan Camavinga juga sama-sama diminati tim-tim top Eropa, dari kekuatan finansial Paris Saint-Germain yang tak tertandingi, hingga tim-tim terbesar Liga Primer Inggris,’’ sebut laporan Marca.

Tchouameni dan Camavinga juga sama-sama ingin mengenakan seragam Los Merengues. Kesamaan lainnya yakni Tchouameni dan Camavinga merupakan efek dari upaya yang gagal dalam mendatangkan Kylian Mbappe.

Eduardo Camavinga

Pada Agustus 2021 lalu, Real Madrid membidik Mbappe sebagai pemain buruan utamanya. Namun PSG menolak melepas Mbappe dan menutup rapat pintu bagi Real Madrid.

Setelah gagal mendatangkan Mbappe, Real Madrid langsung bergerak cepat dan efisien. ‘’Mereka membuka kembali file Camavinga serta mencapai kesepakatan dengan tim dan perwakilannya,’’ tulis Diario Marca.

Real Madrid akhirnya memboyong Camavinga dengan nilai transfer 31 juta euro plus bonus 10 juta euro. Real Madrid mematok investasi minimum 35 juta euro, sedangkan Rennes menghindari skenario terburuk kehilangan Camavinga tanpa mendapatkan sepeser euro pun.

Kontrak Camavinga dengan Rennes saat itu akan berakhir pada 2022. Alhasil, harganya menjadi sangat murah karena masa kontraknya bersama Rennes hanya tersisa satu musim. Setelah gabung Real Madrid, studi Observatorium Sepak Bola CIES baru-baru ini menempatkan harga pasarnya senilai 78,2 juta euro.

Aurelien Tchouameni

Sama seperti Camavinga, Real Madrid mendatangkan Tchouameni setelah gagal mendapatkan Mbappe untuk kedua kalinya. Bedanya adalah kontrak Tchouameni bersama AS Monaco masih tersisa dua musim sehingga harga jualnya masih cukup tinggi.

Biaya transfer Tchouameni disebut-sebut mencapai 80 juta euro lebih. Los Merengues saat itu hanya bersedia membayar 60 juta euro karena sebagian besar alokasi dana diprioritaskan untuk mengejar Mbappe.

‘’Penandatanganan Mbappe yang gagal, akhirnya membalikkan skenario sekali lagi. Mereka balik menjadikan bakat AS Monaco sebagai prioritas,’’ sebut Marca. ‘’Real Madrid bersedia memboyong Aurelien Tchouameni sesuai dengan tuntutan yang dibuat oleh klub Ligue 1.’’

Dalam waktu kurang dari 48 jam, kesepakatan yang mengingatkan pada Camavinga itu diaktifkan kembali. Real Madrid menggelontorkan 80 juta euro dengan bonus 20 juta euro. Bonus 10 juta euro disimpan jika Tchouameni mampu membuktikan dirinya sebagai pemain top di posisinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement