Senin 13 Jun 2022 07:09 WIB

Dua Pekan Perubahan Pola Operasi KRL, KAI: Fasilitas Diperbaiki

Tren pengguna di Stasiun Manggarai rata-rata 622.952 orang per hari.

Rep: Rahayu Subekti / Red: Ratna Puspita
Ilustrasi Penumpang KRL Commuter Line memadati eskalator stasiun saat transit di Stasiun Manggarai, Jakarta. Perubahan pola operasional kereta rel listrik (KRL) karena dilakukan switch over kelima (SO5) di Stasiun Manggarai sudah berjalan selama dua pekan sejak 28 Mei 2022.
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Ilustrasi Penumpang KRL Commuter Line memadati eskalator stasiun saat transit di Stasiun Manggarai, Jakarta. Perubahan pola operasional kereta rel listrik (KRL) karena dilakukan switch over kelima (SO5) di Stasiun Manggarai sudah berjalan selama dua pekan sejak 28 Mei 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perubahan pola operasional kereta rel listrik (KRL) karena dilakukan switch over kelima (SO5) di Stasiun Manggarai sudah berjalan selama dua pekan sejak 28 Mei 2022. VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, evaluasi perbaikan fasilitas-fasilitas pelayanan pengguna juga terus dilakukan. 

“Perbaikan secara menyeluruh untuk fasilitas eskalator dan lift di Stasiun Manggarai yang kemarin sempat terkendala, sehingga saat ini seluruh fasilitas tersebut sudah kembali berfungsi normal,” kata Anne dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (12/6/2022). 

Baca Juga

Dia mengimbau, pengguna KRL mendahulukan pengguna prioritas dalam menggunakan fasilitas eskalator dan lift tersebut. Selain itu, untuk mengurangi antrean pada saat menggunakan fasilitas eskalator dan lift, pengguna KRL yang transit di Stasiun Manggarai bisa memanfaatkan tangga manual di hall tengah lantai satu dan tangga gantung yang berada di ujung selatan hall lantai satu. 

“KAI Commuter memohon maaf atas kekurangan yang masih ada dalam pelayanan selama pasca perubahan pola operasi ini,” ujar Anne. 

Dia menyatakan, perbaikan akan terus dilakukan untuk memberikan pelayanan lebih baik lagi kepada para pengguna KRL. Terlebih, tren pengguna di Stasiun Manggarai pada hari kerja tercatat rata-rata 622.952 orang per hari dengan volume tertinggi pada tanggal 6 Juni 2022 yaitu sebanyak 640.286 orang. 

Sedangkan volume pengguna pada akhir pekan atau hari libur rata-rata 462.249 orang per harinya. Volume tertinggi pada tanggal 4 Juni 2022 yaitu sejumlah 500.761 orang. 

Sementara itu, volume pengguna KRL yang transit di Stasiun Manggarai pada dua pekan terakhir rata-rata 135-145 ribu orang. Dengan volume pengguna transit tertinggi pada 6 Juni 2022 sebanyak 144.855 orang. 

Sedangkan rata-rata volume per hari pengguna KRL yang naik di Stasiun Manggarai sebanyak 12.423 orang. Dengan rata-rata volume per hari pengguna yang turun sebanyak 12.858 orang.

Anne mengatakan, KAI Commuter juga mengoperasikan 1.054 perjalanan KRL per hari. Selain itu, penambahan perjalanan KRL feeder tambahan pada jam sibuk pagi dan sore dengan relasi Manggarai-Angke/Kampung Bandan PP sebanyak 12 perjalanan untuk pagi hari dan enam perjalanan di sore hari serta perjalanan KRL feeder tambahan Manggarai-Bekasi PP pada jam sore hari sebanyak empat perjalanan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement