Senin 13 Jun 2022 08:22 WIB

Universitas BSI Gelar Sosialisasi Magang Khusus untuk Mahasiswa

Universitas BSI mengadakan sosialisasi magang khusus yang rutin digelar tiap tahun

Red: Christiyaningsih
Universitas BSI mengadakan sosialisasi magang khusus yang rutin digelar tiap tahun.
Foto: UBSI
Universitas BSI mengadakan sosialisasi magang khusus yang rutin digelar tiap tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kembali mengadakan sosialisasi magang khusus yang rutin digelar setiap tahunnya. Sosialisasi digelar secara daring lewat Zoom dan diikuti oleh ratusan mahasiswa dari kampus Universitas BSI di seluruh Indonesia, pada Kamis (9/6/2022). 

Narasumber yang hadir ialah Rachmat Suryadithia selaku Kepala BSI Career Center (BCC), dan Dewi Ayu Nur Wulandari selaku Ketua Program Studi (prodi) Sistem Informasi Universitas BSI kampus Bogor. Sosialisasi magang ini berfokus pada kerja sama Universitas BSI dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian, Gerakan Nasional Indonesia Kompeten (GNIK), dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). 

Baca Juga

Rachmat menjelaskan BCC merupakan unit pelayanan mahasiswa dan alumni sebagai wadah bagi mereka untuk mencari informasi magang serta peluang kerja. Salah satu upaya yang dilakukan dengan mengadakan kegiatan sosialisasi magang khusus 2022 guna membantu mahasiswa Universitas BSI di semester 4 agar mendapatkan informasi kesempatan magang. 

“Beberapa Program magang khusus di antaranya Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) kerja sama dengan FHCI-BUMN, Program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) kerja sama dengan Kemendikbudristek. Lalu ada Program Studi Independen Bersertifikat (SIB), kerja sama dengan GNIK Kemenaker, Program Magang Dirumah Rakyat (PMDR) DPR/MPR-RI, dan Kementerian ATR/BPN,” jelas Rachmat. 

Ia menambahkan, untuk mengikuti program magang ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa. Syarat tersebut yakni mahasiswa aktif minimal semester 5 dan maksimal semester 7, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) diatas 3,00, tidak ada mata kuliah dengan nilai D atau E, bersedia magang selama enam bulan full time, wajib menjaga nama baik kampus selama magang, dan tidak sedang mengikuti atau akan selesai program magang khusus lainnya. 

Untuk mengikuti program magang PMMB, mahasiswa bisa mendaftar lewat link pendaftaran FHCI-BUMN pada laman http://tiny.cc/pmmb-ubsi. Sedangkan untuk program magang MSIB, mahasiswa bisa mendaftar lewat http://tiny.cc/msib-ubsi2022 dan https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id. Selanjutnya adalah program magang GNIK yang bisa diakses melalui laman http://bit.ly/StudiIndependenGNIK2022.

Dewi, Kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Bogor, mengatakan dengan mengikuti program magang khusus ini mahasiswa mendapatkan kesempatan emas untuk melatih keterampilan yang dimiliki. Mahasiswa juga berpeluang menjadi karyawan tetap setelah magang selesai. 

“Manfaat lain dari program magang ini adalah pembelajaran full time di lingkungan kerja mitra, akan ada pendampingan secara intensif dari mentor profesional. Bahkan mahasiswa bisa memperoleh uang saku dan bantuan hidup selama program magang berlangsung. Tak hanya itu, ada juga pengakuan kredit semester sebanyak 20 SKS. Dari pihak kampus pun akan memberikan dosen pembimbing selama magang khusus dan di akhir magang peserta mendapatkan sertifikat dari mitra,” terang Dewi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement