Senin 13 Jun 2022 08:29 WIB

Ada Lho Beasiswa Fully Funded ke Italia

Negara ini memiliki 61 univeritas ternama dengan 339 jurusan yang diselenggarakan dalam bahasa Inggris.

Rep: Calakan Media/ Red: Partner
Beasiswa ke Italia
Beasiswa ke Italia

Italia adalah salah satu negara di Eropa yang memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswa internasional. Negara ini memiliki 61 univeritas ternama dengan 339 jurusan yang diselenggarakan dalam bahasa Inggris. Sebagian kampus-kampus di Itali merupakan kampus tertua di dunia.

dok. republika.co.id

Beasiswa untuk program S1 dan S2 ini diberikan kepada mahasiswa internasional ini didukung oleh Kementerian Luar Negeri Italia. Yang menarik, sebagian beasiswa ini tidak mensyaratkan skor bahasa Inggris seperti TOEFL atau IELTS. Setiap tahun, umumnya beasiswa ini dibuka awal Januari dan ditutup pada akhir Februari.

Para penerima beasiswa ini akan mendapatkan beasiswa full tuition fee selain tunjangan hidup bulanan. Selain itu setiap tahun, penerima beasiswa Itali ini akan dibebaskan dari biaya kuliah dan mendapatkan sekitar 11 ribu Euro untuk menutup biaya hidup dan biaya transportasi.

Kelebihan lain dari beasiswa ini adalah para penerima beasiswa diharuskan untuk melakukan praktik kerja di perusahaan yang ada di Italia. Ini menarik banget ya karena memberikan kesempatan untuk mencicipi pengalaman kerja di negara tersebut. Hal tersebut tidak mengherankan karena tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kerja sama antara universitas dengan dunia industri sehingga bisa menaikkan level mereka ke tingkat internasional.

Sementara itu, persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini adalah sebagai berikut :

1. Usia maksimal pelamar saat mendaftar adalah 30 tahun

2. Memiliki skor SAT bagi pendaftar beasiswa S1

3. Memiliki skor GRE bagi pendaftar beasiswa S2

4. Beasiswa ini memberikan kesempatan yang sama besar bagi pelamar laki-laki maupun perempuan

5. Pelamar dengan nilai akademis yang bagus akan mendapat peluang lebih besar

6. Lancar berbahasa Inggris karena perkuliahan menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar

7. Mereka yang memiliki kewarganegaraan ganda tidak boleh mendaftar beasiswa ini

Selain itu, para pelamar harus terlebih dahulu mendaftar ke salah satu program yang disediakan oleh beasiswa ini. Hal lainnya adalah, satu pelamar hanya boleh memilih satu program saja. Pelamar boleh mempunyai pilihan kedua, jika pilihan pertama hanya menyediakan sedikit kursi saja. Jadi, saat pilihan pertama sudah penuh, akan otomatis masuk ke pilihan kedua.

Pendaftaran untuk beasiswa ini bisa dilakukan dengan klik link berikut ini. https://investyourtalentapplication.esteri.it/SitoInvestYourTalentApplication/progetto.asp

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement