Senin 13 Jun 2022 13:28 WIB

40 Ribu Ton Air Zamzam Dikirim ke Waduk Zamzam di Masjid Nabawi

Pemindahan air Zamzam dilakukan melalui kapal tanker berkapasitas 20 ton.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Truk tangki pengangkut air zamzam di Arab Saudi. 40 Ribu Ton Air Zamzam Dikirim ke Waduk Zamzam di Masjid Nabawi
Foto: SPA
Truk tangki pengangkut air zamzam di Arab Saudi. 40 Ribu Ton Air Zamzam Dikirim ke Waduk Zamzam di Masjid Nabawi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Badan Layanan dan Bidang Urusan Kepresidenan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah menyalurkan 40 ribu ton air Zamzam dari stasiun pengisian di Makkah, ke penampungan Zamzam di Masjid Nabawi sejak awal tahun Hijriyah. 

 

Baca Juga

Dilansir dari Riyadh Daily, Senin (13/6/2022), air Zamzam yang disalurkan telah sesuai dengan standar yang mengadopsi standar kualitas internasional tertinggi untuk memastikan kemudahan akses air Zamzam untuk semua pengunjung Masjid Nabawi sepanjang waktu.

 

Wakil Presiden Umum Bidang Pelayanan dan Bidang Perwujudan Perlindungan Lingkungan Hidup dan Wakil Presiden Jenderal Masjidil Haram untuk Urusan Pelaksana dan Pembangunan Mohammed Al-Jabiri mencatat, pemindahan air Zamzam dilakukan melalui kapal tanker berkapasitas 20 ton. Kapal tersebut baru diizinkan berjalan setelah memastikan keamanan kendaraan dan keselamatan pengemudi dan menjamin tanker tidak dapat dibuka tetapi melalui pegawai khusus di Direktorat Jenderal Urusan Masjid Nabawi. 

 

Dia menambahkan direktorat jenderal mengawasi semua prosedur dan ketentuan yang dibuat oleh Kepresidenan Umum dengan standar khusus untuk melindungi air dari keadaan eksternal. Hal ini agar sesuai dengan harapan agar air suci mencapai Madinah dengan standar kesehatan dan pencegahan internasional tertinggi.

 

Direktorat Jenderal melalui operasi dan prosedur kualitatif berupaya melindungi air suci dari pencemaran mulai dari pengambilan dari sumur, penyaluran melalui pipa, sanitasi dengan radiasi ultraviolet, dan di stasiun pemurnian dan penyaringan dengan sistem filter untuk menghasilkan air murni dan bersih berkualitas tinggi dan untuk memastikannya didistribusikan ke semua stasiun dan lokasi khusus di Masjidil Haram dan untuk pengangkutan ke Masjidil Nabawi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement