Senin 13 Jun 2022 15:14 WIB

Tiga Keluhan Ini Bisa Jadi Tanda Kanker Hati, Salah Satunya Terasa di Perut Bagian Kanan

Kanker hati dapat memunculkan gejala di perut.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (ilustrasi). Saat ukuran hati membengkak akibat kanker, perut bagian kanan juga akan ikut membengkak.
Foto: Flickr
Sakit perut (ilustrasi). Saat ukuran hati membengkak akibat kanker, perut bagian kanan juga akan ikut membengkak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker hati biasanya tak banyak memunculkan gejala yang jelas atau spesifik. Namun, ada tiga keluhan di perut yang bisa jadi pertanda kanker hati.

Menurut Cancer Research UK, salah satu keluhan pada perut yang dapat mengindikasikan adanya kanker hati adalah ada benjolan di sisi kanan perut karena membengkaknya hati. Saat ukuran hati membengkak akibat kanker, perut bagian kanan juga akan ikut membengkak.

Baca Juga

"Kanker tersebut akan meningkatkan tekanan di hati dan menyebabkan darah kembali ke vena. Ini memaksa cairan keluar dari vena menuju abdomen," ungkap Cancer Research UK, seperti dilansir Mirror, Senin (13/6/2022).

Pembengkakan hati akibat kanker ini dapat memicu munculnya beberapa keluhan lain. Sebagian di antara keluhan tersebut ialah perut bengkak, hilangnya rasa lapar, munculnya rasa nyeri yang abnormal di pundak sisi kanan.

Gejala khas lain dari kanker hati adalah sakit kuning atau jaundice. Gejala ini dapat membuat kulit dan bagian putih mata terlihat menguning.

Perubahan tersebut terjadi karena organ hati tak mampu memproses senyawa bernama bilirubin yang memiliki warna kuning. Akan tetapi, tidak semua penderita kanker akan langsung mengalami gejala ini.

Di sisi lain, kanker hati juga dapat memunculkan gejala yang umum dan tidak begitu khas. Sebagian di antaranya adalah kelelahan, kehilangan nafsu makan, atau merasa tidak enak badan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement