Senin 13 Jun 2022 19:24 WIB

Gandeng Para Pakar, Syarikat Islam Inisiasi Penyusunan RUU Anti-Islamofobia

Syarikat Islam menilai pentingnya UU Anti-Islamofobia di Indonesia

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Ketua Umum Syarikat Islam Hamdan Zoelva, menyatakan SI menilai pentingnya UU Anti-Islamofobia di Indonesia
Foto: RepublikaTV/Fakhtar Khairon Lubis
Ketua Umum Syarikat Islam Hamdan Zoelva, menyatakan SI menilai pentingnya UU Anti-Islamofobia di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Gugus Tugas Desk Anti-Islamofobia Syarikat Islam menyusun naskah akademik Rancangan Undang-Undang Anti Islamofobia di Jakarta pada Senin (13/6/10/2022). Ormas Islam ini mengumpulkan sejumlah pakar ilmu politik, agama, dan sosial budaya untuk membahas RUU tersebut.

Sejumlah narasumber yang didatangkan adalah Pengamat Politik LIPI Prof Siti Zuhro, Staf Khusus Wakil Presiden RI Prof KH Masykuri Abdillah, pakar pendidikan Prof Taufik Abdullah, Prof Zainal Arifin Husein, aktivitis Syahganda Nainggolan, dan Direktur Amnesti Internasional Usman Hamid.

Baca Juga

Diskusi ini dibuka Presiden Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam, Hamdan Zoelva dan Ketua Desk Anti-Islamofobia Ferry Juliantono. Menurut Hamdan, berkumpulnya para pakar dari berbagai disiplin ilmu, guna merumuskan masalah inti tentang fenomena gerakan Islamofobia yang telah nyata terjadi di Indonesia.

"Di negara-negara di mana Islam itu minoritas, maka para pelaku Islamofobia seolah mendapatkan tempat untuk menjelekkan Islam," ujar Hamdan dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Senin (13/6/2022).

Dalam kesempatan yang sama, KH Masykuri Abdillah menjelaskan, naskah akademik yang disusun itu lebih baik diubah namanya menjadi RUU Anti Kebencian dan Penodaan Agama. 

“Istilah Islamofobia sudah muncul sejak awal dekade kedua abad ke-20 lalu, tetapi itu mulai disebut kembali terutama sejak 1980-an setelah terjadinya Revolusi Iran 1978,” ucap dia.

Munculnya Islamofobia diperkuat lagi dengan semakin banyaknya imigran Muslim ke Amerika dan Eropa IPA dan semakin banyaknya orang-orang Amerika dan Eropa yang masuk Islam yang kemudian menimbulkan ketakutan akan adanya Islamisasi Amerika.

"Kita sambut baik ide Syarikat Islam menyusun naskah akademik RUU Anti Islamofobia, agar tidak adalagi orang atau kelompok yang dengan sukahati menjelekkan agama, bahkan membentukan agama dengan Pancasila," kata guru besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.      

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ
Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar.

(QS. Al-Baqarah ayat 255)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement