Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Hanif Alvie Nurramdhani

Sepak Bola, Lebih Dari Sekedar Olahraga

Olahraga | Tuesday, 14 Jun 2022, 17:05 WIB

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Nielsen Sport (2013) pada 34 negara di dunia dan melibatkan seribu sampel penduduk dengan rentang usia 16-69 tahun dari setiap negara menunjukkan bahwa Indonesia berada di peringkat 2 dari 34 negara sebagai negara dengan penggemar sepak bola terbanyak. Data Nielsen Sport (2013) menunjukkan bahwa 77% penduduk Indonesia tertarik, gemar dan menyukai sepak bola, diikuti oleh Thailand dan Arab Saudi sebagai peringkat ketiga dan keempat. Negara kita hanya kalah dari Nigeria dengan 83% penduduknya menggemari olahraga kaki si kulit bundar ini.

Sepak bola memang merupakan salah satu olahraga yang paling digemari dan populer, bukan hanya di Indonesia, melainkan di seluruh dunia, baik di negara maju maupun berkembang. Dengan perbedaan usia, status, ras, agama, kebudayaan, ideologi bahkan politik yang ada pada lapisan masyarakat, mereka tetap dapat menikmati permainan sepak bola sebagaimana mestinya. Mungkin karena olahraga ini merupakan olahraga menyenangkan yang termasuk sederhana dan mudah untuk dimainkan kapanpun dan dimanapun.

Dengan mengesampingkan peraturan resmi dari sebuah pertandingan sepak bola yang mengharuskan adanya dua tim yang beranggotakan sebelas pemain dari setiap tim, lapangan yang harus memenuhi ukuran standar internasional, juga berbagai peralatan dan perangkat pertandingan untuk menunjang pertandingan. Permainan sepak bola dapat dimainkan oleh berapapun pemain yang ada, dengan bermodalkan dua buah gawang sederhana dan sebuah bola. Bahkan, cukup dengan memiliki sebuah bola, sepak bola sudah dapat dimainkan.

Kegemaran para pecinta sepakbola tidak hanya terbatas dalam memainkannya, tetapi juga dalam menonton, mendukung dan mencintai klub-klub sepak bola yang tergabung dalam berbagai kompetisi sepak bola bergengsi dari seluruh belahan dunia. Sepak bola sudah mempengaruhi berbagai aspek di dunia ini, bahkan aspek-aspek seperti aspek sosial, politik dan ekonomi.

Olahraga, khususnya sepak bola selain dapat memiliki banyak dampak positif dan manfaat bagi penggiat dan penggemarnya secara pribadi dalam pengembangan diri baik untuk pola hidup yang lebih sehat dan prestasi yang membanggakan, tetapi sepakbola juga dapat berperan sebagai media dan sarana perjuangan yang dapat menyatukan dan membanggakan bangsa besar ini. Oleh karena itu, sepak bola dapat menjadi salah satu sarana yang tepat bagi para remaja di Indonesia sebagai penerus bangsa untuk membuat negara ini bangga, karena prestasi olahraga menjadi salah satu indikator terhadap pembangunan nasional.

Sepak bola selalu menyenangkan dan menarik, dimanapun dan kapanpun. Terlepas dari perang, krisis, bencana, skandal permainan, suap wasit, dan pengkhianatan terhadap fair play, sepak bola tidak pernah mati. Faktanya, sepak bola selalu ada dan terus menghibur dunia. Mungkin karena sepak bola bukan hanya olahraga biasa tetapi juga hiburan bagi umat manusia (Komarudin, 2005).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image