Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Immaku

Cara Menghemat Baterai Laptop

Teknologi | Wednesday, 15 Jun 2022, 07:57 WIB
Cara Menghemat Baterai Laptop
Cara Menghemat Baterai Laptop

Cara Menghemat Baterai Laptop - Setiap pengguna laptop/notebook pasti pernah merasa bahwa baterai laptopnya cepat habis, ya mungkin dulunya sih belum karena baru jadi baterai laptop masih tahan lama tetapi lama-kelamaan baterai akan lebih cepat habis seiring pemakaian.

Nah, sebenarnya system bawaan wondows itu ada yang namanya Power Saving Mode (Mode Penghemat Daya) namun jika baterai laptop sobat sudah memiliki umur, meski sobat meakai fitur ini sobat tidak akan merasakan efeknya. Kenapa demikian?? Karena semakin tua umur baterai maka semakin kecil pula dayanya. Ya intinya kerusakan baterai itu tidak bisa kita hindari tetapi bisa kita perlambat agar baterai bertahan agak lama.

Tips Untuk Menghemat Baterai Laptop :

Jika sobat punya Laptop baru, Laptop itu belum boleh langsung dinyalakan karena setiap Laptop baru keadaan baterai masih kosong. Charge dulu baterai nya sampai Full Charge dalam keadaan laptop mati sekitar 4-8 jam (biasanya lampu indikator akan berubah warna).

Konfigurasikan pengaturan baterai. Atur sleep mode, atur jangka waktu ini seminimal mungkin saat laptop tidak digunakan.

Nonaktifkan bluethoot atau jaringan Wifi saat sedang melakukan pekerjaan secara offline. Hal ini akan membantu penghematan daya.

Kurangi kecerahan layar. Jika layar terlalu terang maka akan memakan banyak daya.

Nonaktifkan screen saver. screen saver sebenar nya mengkonsumsi banyak daya jauh lebih besar karena cpu akan aktif, kartu vga aktif dan layar juga di gunakan. hal ini sama saja dengan menonton video di laptop.

Lepaslah perangkat external yang tidak di perlukan, seperti flashdisk, hardisk external, dll karena perangkat-perangkat external ini juga mengambil daya dari laptop.

Periksa program startup atau program yang sedang aktif yang tidak terlalu berguna. Program startup yang terlalu banyak akan membutuhkan banyak memory visual dan banyak memakan kapasitas hardisk, hal ini akan menguras daya baterai.

Jika ingin mendengarkan musik, Atur lah penggunaan volume, karena semakin tinggi volume semakin besar pula daya yang di butuhkan.

Kurangi main game. bermain game di laptop adalah kegiatan yang paling menguras daya baterai karena, RAM, VGA, Speaker, dan semua file yang mendukung untuk bermain game akan di nyalakan ini akan menyebabkan daya baterai sangat cepat habis.

Nah, tips di atas itu selain menghemat baterai laptop tips di atas juga termasuk cara untuk merawat baterai laptop. Jika baterai laptop sobat masih bisa untuk di hemat dan di rawat tidak ada salahnya mengikuti tips ini. Tetapi jika baterai laptop sobat sudah dalam keadaan yang sangat mengkhawatirkan saya sarankan lebih baik beli baterai yang baru, karena walaupun menggunakan tips ini atau cara apapun jika status baterai sudah bad maka menggunakan cara apapun efek nya tidak akan terasa jadi percuma saja.

Itulah postingan tentang Cara Menghemat Baterai Laptop. Sekian dulu postingan kali ini.

Referensi :

https://bit.ly/3Ohn4qE

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image