Rabu 15 Jun 2022 08:48 WIB

Warganet Bahas Lagi Isu Shin Tae Yong akan Dilengserkan dari Posisi Pelatih Timnas Senior

Iwan Bule mengatakan, akan mengajak Shin berdiskusi lebih jauh.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih sepak bola Timnas Indonesia Shin Tae-yong berlari saat memimpin sesi latihan perdana di Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Pelatih sepak bola Timnas Indonesia Shin Tae-yong berlari saat memimpin sesi latihan perdana di Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia ke putaran final Piala Asia 2023 setelah terakhir kali berpartisipasi pada edisi 2007. Penantian 15 tahun akhirnya terbayar di bawah pelatih asal Korea Selatan itu yang menangani timnas Indonesia mulai dari kelompok umur hingga senior. 

Tapi, di tengah perjuangan sang pelatih, PSSI justru pernah berencana memfokuskan Shin Tae-yong hanya melatih Timnas Indonesia U-20 dan tak lagi menangani Timnas U-23 Indonesia maupun senior. Menurut ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, pertimbangan itu muncul karena khawatir Shin keteteran menangani tiga timnas sekaligus. 

Baca Juga

Warganet kemudian kembali ramai mengangkat isu ini. Di twitter, berbondong warganet meminta agar PSSI membuka mata, melihat bahwa Shin Tae-yong telah berbuat maksimal bagi timnas dengan memberikan tiket putaran final Piala Asia 2023.

"Shin Tae-yong sudah tahu pada saat Kongres di Bandung kita ketemu, kita tanya kenapa target tidak tercapai baik AFF atau Sea Games. STY menyampaikan kalau itu ada proses, teman-teman Exco menilai apa tidak terlalu berat mengelola tiga timnas, STY mengatakan tetap masih bisa dilakukan," kata Iriawan kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, Shin ingin mengelola tiga kelompok umur agar berkesinambungan, namun Exco PSSI menyarankan agar Shin hanya menangani Timnas U-20 Indonesia yang akan tampil di Piala Dunia U-20. Tapi pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengatakan belum ada keputusan final terkait kepelatihan Shin. 

Iwan Bule mengatakan, akan mengajak Shin berdiskusi lebih jauh setelah timnas Indonesia kembali dari Kuwait. "Saat STY kembali dari kualifikasi akan diskusi lagi," katanya.

"Kalau STY tetap ingin memegang tiga timnas ya kita tidak bisa minta apa-apa, tetapi kita ingin minta jaminan prestasi. Akan kita kejar terus. Dia harus siap menanggung beban resikonya sendiri. kami akan menanyakan yang bersangkutan," kata Iwan Bule.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
سَيَقُوْلُوْنَ ثَلٰثَةٌ رَّابِعُهُمْ كَلْبُهُمْۚ وَيَقُوْلُوْنَ خَمْسَةٌ سَادِسُهُمْ كَلْبُهُمْ رَجْمًاۢ بِالْغَيْبِۚ وَيَقُوْلُوْنَ سَبْعَةٌ وَّثَامِنُهُمْ كَلْبُهُمْ ۗقُلْ رَّبِّيْٓ اَعْلَمُ بِعِدَّتِهِمْ مَّا يَعْلَمُهُمْ اِلَّا قَلِيْلٌ ەۗ فَلَا تُمَارِ فِيْهِمْ اِلَّا مِرَاۤءً ظَاهِرًا ۖوَّلَا تَسْتَفْتِ فِيْهِمْ مِّنْهُمْ اَحَدًا ࣖ
Nanti (ada orang yang akan) mengatakan, ”(Jumlah mereka) tiga (orang), yang ke empat adalah anjingnya,” dan (yang lain) mengatakan, “(Jumlah mereka) lima (orang), yang ke enam adalah anjingnya,” sebagai terkaan terhadap yang gaib; dan (yang lain lagi) mengatakan, “(Jumlah mereka) tujuh (orang), yang ke delapan adalah anjingnya.” Katakanlah (Muhammad), “Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit.” Karena itu janganlah engkau (Muhammad) berbantah tentang hal mereka, kecuali perbantahan lahir saja dan jangan engkau menanyakan tentang mereka (pemuda-pemuda itu) kepada siapa pun.

(QS. Al-Kahf ayat 22)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement