Selasa 12 Jul 2022 11:16 WIB

Manfaat dan Risiko yang Bisa Didapatkan dari NFT

Tertarik investasi digital terbaru, NFT? Berikut ini adalah beberapa manfaat dan juga risiko yang bisa didapatkan pengguna dari penggunaan NFT:

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Manfaat dan Risiko yang Bisa Didapatkan dari NFT
Manfaat dan Risiko yang Bisa Didapatkan dari NFT

Dunia digital memberi banyak peluang untuk mendapatkan banyak uang, salah satunya melalui Non Fungible Token (NFT). Hal ini belakangan sangat populer di kalangan masyarakat, terutama setelah kesuksesan Ghozali mendapatkan milyaran rupiah dari berjualan NFT saja. 

Jika melihat kenyataan tersebut, tidak mengherankan bila pada akhirnya teknologi yang satu ini sangat menggoda banyak orang yang ingin mendapatkan uang dengan mudah dan cepat. 

Mencari uang melalui NTF memang tidak ada salahnya, sebab pada dasarnya aplikasi ini memang bisa digunakan oleh siapa saja. Namun meski begitu, pemahaman masyarakat akan NFT memang masih cukup minim. Produk ini masih terbilang baru di tanah air dan belum familiar untuk kebanyakan orang. 

Penting untuk memahami dengan baik apa saja yang bisa diberikan NFT dan bagaimana cara tepat untuk memanfaatkannya. Hal ini akan membuat pengguna lebih nyaman dan bisa memanfaatkan NFT dengan lebih maksimal. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan pengguna dari penggunaan NFT:  

 

1. Berkarya dalam 2 Bentuk Berbeda

NFT

Bagi para seniman atau kreator, NFT merupakan wadah yang akan memungkinkan mereka berkarya dengan lebih leluasa. Hal ini bahkan membuka peluang seniman untuk berkarya dalam 2 bentuk yang berbeda sekaligus. 

Jika selama ini hasil karya hanya bisa diwujudkan dalam bentuk manual (fisik) saja, maka NFT akan mengubahnya. Seniman bisa menghasilkan karya dalam bentuk digital melalui aplikasi yang satu ini. 

Hal tersebut sekaligus membuka peluang besar untuk mendapatkan penghasilan yang lebih banyak. Jika menjual atau memasarkan karya manual terbilang sulit dan terbatas, maka NFT memungkinkan seniman memasarkan karya mereka secara luas, bahkan tanpa batas sekaligus. 

Semua bisa dilakukan secara online, di mana setiap hasil karya bisa dinikmati dan dibeli oleh siapa saja yang berminat untuk mengoleksinya. Di saat bersamaan, penjualan karya dalam bentuk fisik juga tetap bisa dilakukan seperti biasa. 

Baca Juga: NFT (Non-Fungible Token): Pengertian, Cara Buat Hingga Tips Cepat Laku

2. Mendapatkan Royalti yang Lebih Jelas

Royalti NFT

Sudah bukan lagi rahasia lagi jika para seniman kerap hidup dengan mengandalkan royalti atas karya-karya mereka. Di dalam prakteknya, royalti ini menjadi sesuatu yang masih sulit untuk dikelola, sebab aturan perhitungannya seringkali tidak jelas. Hal ini bahkan akan semakin tidak mudah, jika para seniman tersebut bekerja mandiri dan tidak terikat dengan sebuah perusahaan. 

Namun kehadiran NFT bisa saja mengubah banyak hal, terutama yang berkaitan dengan royalti ini. NFT menerapkan aturan yang lebih jelas dan tentunya lebih baik untuk para seniman. 

Peluang untuk mendapatkan uang yang lebih besar akan terbuka lebar, sebab akan ada lebih banyak calon pembeli yang dapat mengakses setiap karya yang dihasilkan. Kondisi ini tentu akan berdampak baik bagi keuangan para seniman tersebut. 

3. Memiliki Sistem Copyright yang Mumpuni

Copyright NFT

Sebagai aset digital yang telah menggunakan teknologi blockchain, NFT tentu memiliki sistem yang modern dan jauh lebih aman. Sistem ini memberi manfaat tersendiri bagi para seniman, di mana keamanan terkait copyright setiap karya bisa terjaga dengan baik. Hal ini akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi seniman dalam berkarya.

Dengan penerapan sistem blockchain pada NFT, setiap karya akan memiliki copyright yang jelas dan lebih aman. Karya-karya tersebut tidak akan bisa lagi diedit maupun dihapus, sehingga berbagai masalah dan kerusakan pada karya tersebut dapat dihindari. Ini merupakan keuntungan tersendiri yang bisa melindungi karya-karya tersebut dengan lebih maksimal. 

Baca Juga: Investasi Online, Cara Menghasilkan Uang Buat Kaum Rebahan

Resiko dari NFT yang Harus Diketahui

Berbagai manfaat yang diberikan juga tentu hanya bisa dinikmati oleh para seniman yang telah memahami seluk-beluk produk ini dengan baik. Inilah salah satu alasan mengapa sangat penting untuk mempelajari NFT secara mendalam, sebelum akhirnya menggunakannya. 

Selain itu, NFT juga memiliki risiko tersendiri di dalam penggunaannya. Berbagai risiko ini juga akan menjadi ancaman, jika tidak diatasi dengan cara yang tepat sejak awal. 

Tindakan penipuan di dunia maya atau yang lazim disebut sebagai scammer merupakan risiko utama dari penggunaan NFT. Hal ini biasanya dilakukan oleh oknum tertentu dengan cara membuat berbagai link mencurigakan pada game maupun media sosial seperti Twitter. 

Link yang pada awalnya menawarkan hadiah ini akan sangat berbahaya jika di-klik, sebab hal tersebut bisa menjadi “jalan” pelaku masuk ke akun NFT dan merampok semua saldo e-wallet di dalamnya. 

Selain itu, risiko plagiarism merupakan ancaman lainnya yang sering dihadapi pengguna NFT. Mudahnya mengambil foto dengan cara screenshot merupakan langkah awal dari tindakan ini. Berbagai foto yang dicuri ini bisa saja diedit dan pada akhirnya dijual kembali oleh pelaku. 

Jika sudah begini, pemilik aslinya tentu hanya bisa gigit jari, bukan?

Pahami dan Manfaatkan NFT dengan Cara Terbaik

NFT menjadi salah satu produk digital yang paling populer selama beberapa bulan belakangan. Layanan ini memungkinkan setiap orang bisa berkarya dengan lebih leluasa dan bahkan mendapatkan banyak uang dengan cara menjual hasil karya tersebut. Penting untuk memahami dan memanfaatkan NFT dengan cara yang tepat, agar penggunaannya bisa memberikan hasil maksimal. 

Baca Juga:  6 Tips Aman Investasi Saham dan Reksadana Online

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement