Bupati Sleman Kukuhkan 50 Kader Pancasila

Red: Muhammad Fakhruddin

Bupati Sleman Kukuhkan 50 Kader Pancasila (ilustrasi).
Bupati Sleman Kukuhkan 50 Kader Pancasila (ilustrasi). | Foto: Antara/Muhammad Iqbal

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Bupati Sleman,Daerah Istimewa YogyakartaKustini Sri Purnomomengukuhkan sebanyak 50 Kader Pancasila di Sleman, Rabu (15/6/2022).

Bupati Sleman memberikan selamat serta apresiasi kepada para kader yang telah dikukuhkan dan berpesan kepada para kader untuk menanamkan komitmen yang kuat, integritas diri dan konsistensi dalam mengemban tugas selanjutnya. "Dengan dikukuhkannya sebagai Kader Pancasila, saudara memiliki tugas yang cukup berat dan mulia yakni memberikan contoh pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila kepada masyarakat luas dalam kehidupan sehari-hari," katanya dalam workshop yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman.

Kustini juga mengajak kader yang dikukuhkan untuk kembali meneguhkan Pancasila sebagai "way of life" dalam kehidupan kita berbangsa dan bernegara. Terlebih di tengah derasnya arus teknologi informasi seperti saat ini dapat dengan mudah kita temui adanya berita hoaks, ujaran kebencian, infiltrasi paham radikal, dan disintegrasi bangsa. Maka ia berharap masyarakat untuk lebih teliti dalam menerima informasi.

"Maka harus 'check and recheck', dan jangan mudah terprovokasi," katanya.

Baca Juga

Kepala Badan Kesbangpol Sleman Hery Sutopo mengatakan ada sebanyak 50 peserta yang dikukuhkan sebagai Kader Pancasila pada kesempatan kali ini. Kader tersebut berasal dari enam kelurahan yang telah diberikan pendampingan sebagai Kalurahan Berkarakter Pancasila, diantaranya Kelurahan Pandowoharjo, Hargobinangun, Umbulharjo, Sendangtirto, Tamanmartani, dan Kelurahan Pondokrejo.

"Secara umum maksud penyelenggaraan 'workshop' ini untuk menghidupkan, memahami dan menghayati kembali nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya berkelanjutan dalam rangka revitalisasi dan reaktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, yang telah didahului dengan kajian kelurahan berkarakter.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Terkait


Hakim MK Cerita Keadilan dalam Pancasila

PDIP Ingin Bulan Bung Karno 2022 Jadi Momentum Gelorakan Nasionalisme 

Bupati Sleman Berharap TMMD Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Disertasi Hasto Dinilai Tempatkan Pancasila Sebagai Garis Kehidupan Dunia Baru

Aktivitas Lukis Mural di Hari Kelahiran Pancasila Undang Antusiasme Luas

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark