DIY Percepat Booster Antisipasi Varian Baru Omicron

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Fakhruddin

DIY Percepat Booster Antisipasi Varian Baru Omicron (ilustrasi).
DIY Percepat Booster Antisipasi Varian Baru Omicron (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Pemerintah Daerah (Pemda) DIY terus mempercepat vaksinasi booster atau dosis ketiga. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Pembayun Setyaningastutie mengatakan, percepatan booster dilakukan sebagai antisipasi varian baru Omicron yakni BA.5 dan BA.5. 

Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan institusi pendidikan seperti universitas untuk menggenjot booster. Hal ini mengingat perkuliahan tatap muka sudah mulai dilakukan oleh beberapa universitas. 

"Terutama UGM, mahasiswanya banyak yang mulai datang untuk tatap muka, yang belum booster, kita akan lakukan booster," kata Pembayun belum lama ini. 

Pihaknya juga berkoordinasi dengan dinas pendidikan untuk meningkatkan capaian booster pada peserta didik. Terutama yang sudah bisa mendapatkan vaksin yakni peserta didik di jenjang pendidikan SMP dan SMA/SMK. 

Baca Juga

"SMP dan SMA yang sudah masuk sekolah, termasuk kerja sama dengan BINDA. Kita kan vaksinasi kedua dan pertama sudah bagus, apalagi lansia. Mudah-mudahan nanti booster juga meningkat," jelas Pembayun. 

Selain mempercepat vaksinasi booster, pengetatan screening di pintu masuk ke DIY akan dilakukan untuk mengantisipasi varian baru ini. Terutama kedatangan dari luar negeri, mengingat kasus yang sudah ditemukan di Indonesia dikarenakan adanya riwayat perjalanan luar negeri.

"Jadi kita sekarang harus perketat adalah pintu kedatangan luar negeri di YIA," katanya. 

Pembayun menyebut, hingga saat ini belum ditemukan kasus dari varian baru ini di DIY. Sosialisasi terkait protokol kesehatan guna mencegah penularan varian baru ini juga terus dilakukan. 

Sosialisasi dilakukan sembari mempersiapkan laboratorium yang memiliki kemampuan Whole Genome Sequencing (WGS). Pasalnya, varian baru ini disebut hanya dapat terdeteksi melalui WGS. 

Pihaknya juga berkoordinasi dengan kabupaten/kota se-DIY untuk mengirimkan sampel ke laboratorium dari kasus Covid-19 yang memiliki gejala mirip Omicron. "Terjaringnya (varian baru) kan dengan itu (WGS), seperti BBTKLPP, FKKMK-UGM, RSUP Sardjito siap lakukan itu," tambah Pembayun.

Terkait


LPB MUI Minta Pemerintah Waspadai Naiknya Covid-19

Vaksinasi Booster Diwajibkan bagi Jamaah Haji

Menkes Akui Varian Baru Covid, BA.4 dan BA.5 Picu Kenaikan Kasus

Subvarian BA.4 dan BA.5 tidak Jauh Beda dengan Omicron, Pakar: Tetap Jangan Jemawa

Muncul Omicron BA.4 dan BA.5, Kemenkes: Jangan Panik Tetap Waspada

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark