Kamis 16 Jun 2022 02:09 WIB

Pelatih Paulo Bento Puas Korsel Konsisten Jaga Gaya Permainan

Korsel selalu kebobolan lebih dulu dalam tiga dari empat pertandingan persahabatan.

Red: Israr Itah
Pelatih Korea Selatan Paulo Bento
Foto: EPA-EFE/JEON HEON-KYUN
Pelatih Korea Selatan Paulo Bento

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Korea Selatan Paulo Bento mengaku puas atas konsistensi anak-anak asuhnya menjaga gaya permainan mereka dalam sejumlah pertandingan persahabatan yang dijalani beberapa pekan terakhir. Korsel menutup rangkaian laga persahabatan kandang mereka yang padat bulan ini dengan melumat Mesir 4-1 pada Selasa (14/6/2022). 

Hasil itu mengikuti kekalahan 1-5 melawan Brasil, kemenangan 2-0 atas Cile, dan skor imbang 2-2 kontra Paraguay. Bento memilih fokus pada aspek positif performa timnya ketimbang fakta bahwa lini belakang Korsel selalu kebobolan lebih dulu dalam tiga dari empat pertandingan tersebut. Secara keseluruhan, delapan gol masuk ke gawang mereka.

Baca Juga

"Kami akan melakukan kesalahan pada masa mendatang dan kami harus berusaha memperbaikinya," kata Bento kepada kantor berita Yonhap, seperti dilansir Reuters, Rabu (15/6/2022).

"Pada waktu bersamaan, ada begitu banyak hal yang kami lakukan dengan baik. Yang terpenting bagi saya adalah bagaimana kami bereaksi setelah ketinggalan, dan hal serupa terjadi setelah ketertinggalan dua gol untuk bangkit di babak kedua menjaga gaya permainan kami. Ini hal-hal terbaiknya," ujar dia menambahkan.

Kekalahan melawan Brasil sempat menimbulkan kekhawatiran di antara penggemar Korsel atas gaya bermain Bento yang dianggap terlalu agresif. Kalangan kritikus meminta Negeri Ginseng itu kembali ke pola permainan lebih aman.

Sang kapten Son Heung-min memperlihatkan kualitasnya sebagai pemimpin tim, tapi Korsel tak bisa mengelak dari kenyataan bahwa mereka kehilangan kecepatan Kim Min-jae. Bek tengah Fenerbahce itu harus absen karena menjalani pemulihan pascaoperasi.

Di Piala Dunia 2022 akhir tahun ini Serdadu Taeguk tergabung di Grup H bersama Ghana, Portugal, dan Uruguay. Bento mengaku puas karena satu komposisi penting timnya sudah tampak menjelang tantangan besar di Qatar November nanti.

"Semangat tim," itu jawaban Bento ketika ditanya apa yang paling menggembirakannya dari penampilan Korsel sepanjang empat laga persahabatan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement