Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fatih Annaufal

Golden Ticket ke Unair

Curhat | Tuesday, 14 Jun 2022, 20:38 WIB

Berawal dari informasi yang ku peroleh dari pembina robotikku, Ibu Hajar Ekasari, tentang adanya even Airlangga Education Expo (AEE) yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga (Unair), ia menyarankan agar aku mengikuti kegiatan AEE tersebut. Mulanya aku belum begitu mengerti tentang acara itu dan akupun segera browshing mencari informasi lebih lanjut.

Airlangga Education Expo (AEE) adalah pameran pendidikan yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga pada setiap tahunnya. Dan di acara ini terdapat jalur golden tiket yang diperuntukkan bagi siswa pendaftar pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021, dengan beberapa kriteria. Seperti, siswa yang pernah meraih juara lomba atau olimpiade internasional yang yang diselenggarakan oleh institusi terkemuka; ketua OSIS sekolah terkemuka; dan hafidz/hafidzah 30 juz atau kitab suci agama dari sekolah umum dengan akreditasi A.

Aku mengikuti acara Airlangga Education Expo (AEE), dengan materi ‘Kenal Lebih Dekat Fakultas Unair’, aku mengikutinya secara virtual (online), Jumat, 19/2/2021. Senang sekali aku dapat mengikuti kegiatan bergengsi dari salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia yang banyak sekali peminatnya. Rangkaian acara AEE kembali dilanjutkan pada Sabtu (20/2/2021) dan Minggu (21/2/2021), pada hari kedua dan ketiga AEE, peserta mendapatkan kesempatan untuk mengenal setiap fakultas di UNAIR dan mengikuti talkshow dengan bermacam topik. Diantaranya tips memilih jurusan, talkshow beasiswa Unair, student exchange, hingga presentasi dari masing-masing fakultas di Unair.

Salah satu program AEE adalah disediakan jalur golden ticket untuk masuk di Unair, yang dapat diperoleh dengan cara mendaftar. Pendaftaran jalur golden ticket ini telah dibuka sejak Selasa (16/2/2021) hingga Sabtu (20/2/2021).

Kemudian aku mencoba mendaftar. Semua syarat-syarat dan ketentuan yang tertera aku penuhi. Seperti mengunggah sertifikat juara lomba yang pernah kuperoleh. Setelah kulihat beberapa jurusan pilihan, akupun meminta pendapat orangtuaku. Ibuku menyarankan agar aku memilih jurusan yang sesuai dengan kompetensi yang aku miliki, dan melihat peluang serta juga disesuaikan dengan perolehan prestasi yang kudapatkan selama ini. Lalu, aku mendapat balasan langsung untuk mengirimkan bukti-bukti pendukung sertifikat dengan mengirimkan hard papernya melalui pos. Bersama ibu, aku tergopoh-gopoh mempersiapkannya. Pasalnya, bukti pendukung harus sudah dikirim pada tanggal 20/2/2021cap pos, dan diterima oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Unair pada 24/2/2021.

Pada Hari Selasa (23/2/2021), aku mendapatkan pesan untuk mengikuti kegiatan penutupan AEE sekaligus pengumuman bagi peserta yang mendapatkan golden ticket pada Rabu, 24/02/2021, pukul.14.00.

Tibalah hari penutupan itu, aku sudah bersiap di depan layar laptopku. Acara berlangsung meriah sejak siang hari itu. Dibuka dengan penampilan tari tradisional, lalu diikuti upacara simbolis pembukaan oleh rektor UNAIR, Prof.Dr. Mohammad Nasih. Selanjutnya, disampaikan oleh rektor Unair bahwa akan diumumkan peserta yang memperoleh golden ticket.

Di acara ini, hanya diizinkan bagi peserta yang memperoleh link zoom kegiatan, dari pendaftar keseluruhan mencapai ratusan pelajar SMA. Aku sangat bersyukur untuk sampai di tahap ini. Lalu dipanggillah satu-persatu peserta untuk memperkenalkan diri dan menyampaikan prestasinya, sekaligus dinyatakan diterima di salah satu jurusan yang dipilihnya.

Hari makin sore, bahkan menjelang magrib, pemanggilan peserta terus berlangsung. Aku menanti rasanya lama sekali. Dan akhirnya, aku putus asa, aku merasa mungkin aku bukan salah satu peserta yang beruntung. Aku mulai tidak bersemangat, kusampaikan kepada kedua orangtuaku bahwa mungkin aku tidak terpilih, apalagi melihat prestasi yang diperoleh oleh para peserta lainnya sangat hebat-hebat, banyak sekali prestasi mereka di tingkat internasional.

Kedua orangtuaku tetap memberikan semangat dan dukungan, jika tidak di Unair masih bisa mencoba di universitas yang lain.

Tibalah pengumuman untuk jurusan Robotika dan Kecerdasan Buatan, dipanggillah sebuah nama, dan itu bukan namaku, namun seorang pelajar dari SMA Negeri, dan dia menyampaikan prestasi-prestasinya yang sangat banyak dan luar biasa. Aku sudah lemas rasanya. Ku tatap layar latopku dengan badan lunglai menyandar di kursi.

Namun, tiba-tiba, presenter di panggung AEE itu menyebut nama Fatih Ulwan Annaufal, agar memperkenalkan diri dan menyampaikan prestasi yang telah didapatkan. Ya Allah, aku terperanjat, kamera dan audioku diizinkan on oleh operator. Aku segera tegak menatap layar, kuperkenalkan diri dan menyampaikan prestasiku sebagai juara 1 International Robotic Championship 2019. Rasanya seperti mimpi akhirnya aku diterima di sebuah universitas yang aku sendiri hampir tidak yakin dengan kesempatan ini. Haru, bahagia, penuh syukur aku dan orangtuaku memperoleh semua ini. Alhamdulillah, Allah telah memudahkan segalanya dan akhirnya aku masuk di jurusan yang selama ini menjadi cita-citaku.

Rasa terimakasih paling utama aku berikan pada kedua orangtuaku yang selalu mendoakan, kepada semua guru-guruku di SMA Muhammadiyah 2 (SMAMDA) Surabaya yang telah membimbing, mendidik, menjaga selama aku di bangku sekolah ini. Pembina robotik, Ibu Hajar yang selalu mengarahkan, melatih, dan mendampingi. Serta semua teman dan sahabat di SMAMDA yang selalu mendukung dan sangat baik terhadapku.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image