Kamis 16 Jun 2022 13:53 WIB

Ketua DPR akan Resmikan Gedung Kapten Penerbang Anumerta Surindro Supjarso

Megawati Soekarnoputri akan hadir secara virtual di acara itu dan memberi sambutan.

Red: Agung Sasongko
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani.
Foto: ANTARA/Didik Suhartono
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- TNI Angkatan Udara akan meresmikan Gedung Kapten Penerbang (KPT PNB) Anumerta Surindro Supjarso, penerbang TNI AU yang hilang pada 22 Januari 1971 dalam tugas latihan di Biak, Papua. Peresmian gedung itu dilaksanakan di Lanud Iswahjudi, Madiun, Kamis (16/6/2022). 

Untuk diketahui, Surindro adalah pilot pesawat pembom TU 16KS. Namun, di masa Orde Baru, pesawat itu digrounded karena berasal dari Uni Soviet. Sehingga para penerbangnya dialihkan. Termasuk Surindro ke pesawat caravan.

Baca Juga

Berdasarkan informasi awal yang diperoleh, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal (TNI) Fadjar Prasetyo dijadwalkan hadir langsung di dalam acara peresmian. Jajaran akan mendampingi, diantaranya Asrena Kasau Marsekal Muda TNI Dr. Ir. Purwoko Aji Prabowo, Asops Kasau Marsekal Muda TNI M. Khairil Lubis, Aslog Kasau Marsekal Muda TNI M. Fadjar Sumarijadji, dan Pangkoops AU 2 Marsekal Muda Minggit Tribowo. 

Sementara itu, Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarnoputri akan hadir secara virtual di acara itu dan memberi sambutan. Untuk diketahui, Kapten Penerbang Anumerta Surindro adalah suami pertama Megawati. Anak-anak dan keluarganya dikabarkan akan hadir langsung di lokasi. Yakni anak sulung Mohammad Rizki Pratama bersama keluarga. Lalu Muhammad Prananda Prabowo dan keluarga, serta Puan Maharani yang juga Ketua DPR RI. 

Sebagai Ketua DPR, Puan yang akan melakukan proses pengguntingan pita, pembukaan selubung, hingga penandatanganan prasasti gedung tersebut. 

Di acara itu, akan diputarkan juga jejak sejarah perjuangan Kapten Penerbang Anumerta Surindro dan para koleganya yang berjuang untuk bangsa di kurun masa tugasnya. 

Selain itu, akan dilakukan juga pemberian cinderamata dan tali asih kepada keluarga purnawirawan TNI AU yang berjuang. 

Diantaranya adalah Kapten (Purn) Djoko Suhardi, Kapten (Purn) Suhadi, Keluarga Alm. Letkol Pnb. Anumerta Marda Sarjono, dan Keluarga Alm. Letkol Pnb. Anumerta Luluk Teguh Prabowo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement