Kamis 16 Jun 2022 22:25 WIB

Komnas HAM-PBB Bahas Dialog Damai Papua

Komnas HAM percaya dialog damai Papua dapat terwujud.

Red: Ratna Puspita
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI dan Komisioner Tinggi HAM PBB Michelle Bachelet membahas soal inisiatif dialog damai Papua di Jenewa, Swiss. Dialog damai Papua digagas oleh Komnas HAM RI. 

Komnas HAM percaya dialog damai Papua dapat terwujud sembari berharap semakin banyak pihak yang memberikan dukungan terhadap inisiatif yang ada. "Inisiatif dialog damai Papua sebagai upaya pendekatan penyelesaian berbagai masalah hak asasi manusia di Papua," ujar Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga

Kepada PBB, Komnas HAM juga menyampaikan berbagai perkembangan mendasar terkait pemajuan dan penegakan hak asasi manusia di Indonesia. "Termasuk menyampaikan penyelesaian beberapa kasus yang menjadi perhatian publik maupun tantangan yang sedang dihadapi," kata dia.

Komnas HAM juga turut menyampaikan perubahan terkait kemajuan kebijakan hak asasi manusia dan hambatan yang masih terjadi. Pada pertemuan itu, Ahmad Taufan Damanik didampingi dua komisioner lainnya yakni Beka Ulung Hapsara dan Mochamad Choirul Anam.

Sementara itu, Bachelet menyampaikan apresiasi atas langkah Komnas HAM RI khususnya terkait inisiatif dialog damai Papua. Ia mengatakan, penyelesaian damai Papua merupakan cara terbaik dalam konteks hak asasi manusia. 

Bachelet menyampaikan berbagai pengalaman di negara lain dapat dijadikan contoh guna mewujudkan dialog damai, serta komitmen mendukung langkah-langkah yang akan dilakukan oleh Komnas HAM RI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement