Sabtu 18 Jun 2022 15:48 WIB

RS Azra Gelar Donor Darah bersama PMI Peringati Hari Donor Darah Sedunia

Tanggal 14 Juni adalah Hari Donor Darah Sedunia yang diperingati setiap tahun

Red: Christiyaningsih
Dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia, RS AZRA mengadakan donor darah yang dilaksanakan pada Kamis (16/6/2022).
Foto: RS AZRA
Dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia, RS AZRA mengadakan donor darah yang dilaksanakan pada Kamis (16/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Donor darah merupakan salah satu kegiatan sosial  untuk menebarkan kebaikan kepada sesama tanpa membedakan ras dan golongan. Mengutip dari laman World Health Organization (WHO), tanggal 14 Juni adalah Hari Donor Darah Sedunia yang diperingati setiap tahun. Peringatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya darah untuk tubuh manusia.

Dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia, RS AZRA mengadakan donor darah yang dilaksanakan pada Kamis (16/6/2022) di Gedung B Ruangan Training Center Lantai 1. Kegiatan donor darah di RS AZRA biasanya dilakukan setiap tiga bulan sekali. Namun karena pandemi Covid-19, kegiatan donor darah sempat tidak dilaksanakan beberapa tahun dan baru bisa dilaksanakan kembali pada Kamis ini.

Baca Juga

Donor darah kali ini diselengggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan bagi petugas dari PMI, RS AZRA, maupun pendonor. Antusiasme masyarakat pada kegiatan donor darah cukup tinggi karena sudah lama RS AZRA baru kembali melaksanakan kegiatan tersebut.

Pendaftaran dimulai pukul 08.00 – 12.00 dengan dibatasi untuk 60 kantong darah. Sebelum dilakukan donor darah ada skirining terlebih dahulu oleh petugas Palang Merah Indonesia (PMI) sehingga tidak semua orang dapat memberikan dan menerima darah. Semua ada proses pemeriksaannya terlebih dahulu untuk memastikan pendonor dalam kondisi yang fit. Total peserta yang mendaftar 70 orang tapi yang berhasil lolos untuk donor darah 56 peserta.

Beberapa penyebab belum berhasil lolos untuk donor darah yaitu HB rendah/tinggi, tekanan darah rendah, sedang menyusui, dan beberapa alasan lainnya. Seperti kegiatan donor darah yang rutin dilakukan oleh RS Azra dengan PMI Bogor, panitia selalu menginformasikan jenis darah yang dibutuhkan dalam kegiatan donor darah. Kali ini semua jenis darah (A, B, AB, dan O) dipersilakan untuk mendonorkan .

“Terima kasih untuk para pendonor yang sudah berpartisipasi pada acara kali ini. Kalian adalah pahlawan kemanusiaan yang sudah menyelamatkan banyak nyawa. Setetes darah yang anda berikan sangat berharga untuk saudara kita yang membutuhkan. Apa pun golongan darahmu, mereka membutuhkannya. Sampai jumpa di acara donor darah selanjutnya,” ujar Nurmitha, Humas Marketing RS AZRA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement