Ahad 19 Jun 2022 00:05 WIB

Israel Hantam Situs Militer Hamas di Gaza

Israel targetkan lokasi pembuatan senjata yang terletak di dalam pos militer Hamas

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Serangan udara Israel menghantam situs militer Hamas di Jalur Gaza
Foto: AP Photo/Hatem Moussa
Serangan udara Israel menghantam situs militer Hamas di Jalur Gaza

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Serangan udara Israel menghantam situs militer Hamas di Jalur Gaza pada Sabtu (18/6/2022). Serangan ini sebagai tanggapan atas tembakan roket dari daerah Gaza yang dijalankan oleh kelompok Hamas.

"Beberapa saat yang lalu, sebagai tanggapan atas serangan roket, pesawat (militer Israel) menyerang sejumlah sasaran teror Hamas di Jalur Gaza.

Serangan itu terjadi setelah Hamas meluncurkan roket ke arah warga sipil Israel di Israel selatan," kata militer dalam sebuah pernyataan, dilansir Alarabiya, Sabtu (18/6/2022).

Militer Israel mengatakan, pesawat Israel menargetkan lokasi pembuatan senjata yang terletak di dalam pos militer Hamas. Termasuk tiga pos militer tambahan milik Hamas.

Sebuah bola api melesat ke udara, dan menimbulkan asap hitam di atas wilayah itu setelah serangan. Tentara Israel mengatakan, beberapa jam sebelumnya sirene serangan udara terdengar di kota Ashkelon di Israel selatan dan di daerah dekat Jalur Gaza yang diblokade.

Pada Jumat (17/6) pagi, militer Israel melakukan serangan di Tepi Barat. Serangan ini menewaskan tiga militan Palestina dan delapan lainnya terluka. Peristiwa ini diduga memicu serangan roket dari Gaza.

Pada Jumat, sebuah balon observasi Israel jatuh di Jalur Gaza utara. Militer Israel mengatakan sedang menyelidiki insiden itu. Israel mengklarifikasi bahwa balon itu tidak dijatuhkan oleh gerilyawan Palestina.

Militer Israel telah melakukan serangan hampir setiap hari di wilayah pendudukan Tepi Barat, terutama sejak serangkaian serangan awal tahun ini yang menewaskan 19 orang di Israel.  Militer Israel melakukan penggerebekan dan penangkapan di Kota Jenin.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَالَ الَّذِيْنَ اسْتُضْعِفُوْا لِلَّذِيْنَ اسْتَكْبَرُوْا بَلْ مَكْرُ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ اِذْ تَأْمُرُوْنَنَآ اَنْ نَّكْفُرَ بِاللّٰهِ وَنَجْعَلَ لَهٗٓ اَنْدَادًا ۗوَاَسَرُّوا النَّدَامَةَ لَمَّا رَاَوُا الْعَذَابَۗ وَجَعَلْنَا الْاَغْلٰلَ فِيْٓ اَعْنَاقِ الَّذِيْنَ كَفَرُوْاۗ هَلْ يُجْزَوْنَ اِلَّا مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ
Dan orang-orang yang dianggap lemah berkata kepada orang-orang yang menyombongkan diri, “(Tidak!) Sebenarnya tipu daya(mu) pada waktu malam dan siang (yang menghalangi kami), ketika kamu menyeru kami agar kami kafir kepada Allah dan menjadikan sekutu-sekutu bagi-Nya.” Mereka menyatakan penyesalan ketika mereka melihat azab. Dan Kami pasangkan belenggu di leher orang-orang yang kafir. Mereka tidak dibalas melainkan sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.

(QS. Saba' ayat 33)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement