Ahad 19 Jun 2022 10:56 WIB

Liburan Keluarga tak Selalu Berjalan Lancar? Coba Terapkan Kiat Ini

Saat liburan, orang tua harus hadir secara fisik dan mental bagi anak.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Menyiapkan liburan keluarga (Ilustrasi). Liburan harus memiliki tujuan dan orang tua perlu mengomunikasikan tujuan itu dengan anak.
Foto: Republika/ Wihdan
Menyiapkan liburan keluarga (Ilustrasi). Liburan harus memiliki tujuan dan orang tua perlu mengomunikasikan tujuan itu dengan anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persiapan matang untuk mengisi masa liburan sekolah perlu dilakukan agar orang tua dan anak bisa memiliki waktu berkualitas bersama. Dengan begitu, ayah dan ibu dapat mempererat keharmonisan hubungan dengan buah hati lewat berbagai aktivitas.

Mom influencer Caca Tengker membagikan kiat soal persiapan liburan supaya berjalan seru dan menyenangkan. Menurut dia, keluarga yang akan pergi berlibur ke suatu tempat atau berlibur di rumah saja sama-sama harus membuat persiapan.

Baca Juga

"Liburan harus memiliki tujuan dan orang tua perlu mengomunikasikan tujuan itu dengan anak. Diskusikan dengan anak soal konsep dan tujuan liburan, bagaimana caranya supaya anak mengerti nilai liburan," kata Caca pada acara virtual "Shopee Media Gathering: Liburan Senang, Anak Riang", dikutip Ahad (19/6/2022).

Misalnya, jika tujuan dari liburan adalah kebersamaan. Tidak peduli apakah liburan dengan pelesiran ke destinasi wisata tertentu, hanya di rumah saja, atau sekadar naik moda transportasi publik, yang penting adalah orang tua dan anak bisa berkegiatan bersama.

Di mana pun lokasi liburan, Caca mengingatkan agar orang tua hadir secara fisik dan mental bagi anak. Jika orang tua dan anak memang berniat pergi melancong di masa liburan, persiapan pun harus menyeluruh sebab bepergian dengan anak bukan hal yang mudah.

Caca menyarankan orang tua mencari tahu banyak informasi soal destinasi yang dituju. Sebisa mungkin, cari lokasi wisata yang ramah keluarga. Keamanan di lokasi tujuan juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan, begitu juga kebijakan terkait protokol kesehatan.

Jika pergi ke pusat perbelanjaan, anak-anak pun perlu diberi pengertian mengenai tujuan utama pergi ke sana. Apabila dalam keluarga ada anak dalam usia yang berbeda, sesuaikan destinasi yang dituju dengan kebutuhan eksplorasi masing-masing anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement