Senin 20 Jun 2022 08:24 WIB

Moeldoko Ajak Relawan Jokowi Fokus Selesaikan Persoalan Bangsa

Menurut KSP, Pemilu 2024, para relawan diminta untuk menunggu arahan Jokowi.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berdoa saat berziarah di Makam Pahlawan Nasional Bung Tomo di TPU Ngagel, Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (22/3/2022).
Foto: Antara/Didik Suhartono
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berdoa saat berziarah di Makam Pahlawan Nasional Bung Tomo di TPU Ngagel, Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (22/3/2022).

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA -- Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko menghadiri silaturahmi relawan Jokowi se-Karesidenan Pati di Stadion Kamal Junaidi, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, pada Ahad (19/6/2022). Kehadiran Moeldoko mewakili Presiden Joko Widodo.

Dalam pidatonya, Moeldoko menyampaikan beberapa pesan Presiden Jokowi, salah satunya terkait politik 2024. "Beliau (Jokowi) sudah berpesan agar kita tidak terburu-buru. Ojo Kesusu. Karena saat ini ada hal-hal yang lebih penting untuk kita selesaikan bersama. Mari kita lebih fokus menyelesaikan persoalan bangsa saja," kata Moeldoko, dikutip dari siaran pers KSP, Senin (20/6/2022).

Dia menuturkan, terkait Pemilu 2024, para relawan diminta untuk menunggu arahan dari Jokowi. "Soal politik kita tunggu saja arahan beliau kemana kapal besar relawan Jokowi ini akan berlabuh," ucap Moeldoko.

Eks panglima TNI itu mengatakan, pemerintah masih fokus menyelesaikan berbagai persoalan ekonomi. Saat ini, sambung dia, berbagai negara di dunia termasuk Indonesia sedang berupaya memulihkan diri pasca pandemi Covid-19. Namun, pada saat yang sama, kondisi ekonomi dunia pun kembali terguncang akibat perang Rusia-Ukraina.

Kondisi itu menyebabkan kenaikan berbagai harga komoditas. Bahkan, tak sedikit negara di dunia juga mulai menahan ekspor pangan dan energinya. "Menghadapi ini kita harus memperkuat ketahanan energi dan pangan. Kita harus bisa menanam apapun. Entah itu, jagung, ketela, atau sorgum yang baru-baru ini dicanangkan oleh presiden," ujarnya.

Moeldoko juga meminta para relawan Jokowi terus mengawal dan mendukung penuh jalannya pemerintahan hingga selesai pada 2024. Selama dua tahun terakhir, selain berupaya menghentikan pandemi, pemerintahan Presiden Jokowi tetap konsisten menjalankan semua program kerja prioritas dan program pemulihan ekonomi.

Selain itu, kata dia, pembangunan infrastruktur juga tetap dijalankan, bantuan insentif bagi masyarakat terdampak terus digulirkan, penciptaan lapangan kerja terus diupayakan, dan pendidikan yang layak tetap disiapkan untuk membangun sumber daya manusia unggul, berbudaya, dan berkarakter.

"Mari kita dukung cita-cita Presiden Jokowi mewujudkan Indonesia Maju 2045. Tanpa dukungan para relawan pemerintahan ini tidak bisa bekerja secara optimal," ujar Moeldoko.

Karena itu, ia meminta para relawan agar menjaga keberlanjutan pembangunan. Keberlanjutan program itu, menurut Moeldoko, membutuhkan soliditas dari seluruh elemen bangsa.

Moeldoko juga menekankan pentingnya kewaspadaan terhadap Covid-19 yang saat ini kembali menunjukkan kenaikan. Masyarakat diimbau tidak panik, sebab pelayanan kesehatan saat ini sudah jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement