Senin 20 Jun 2022 10:13 WIB

Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Lakukan Pengabdian di Aceh Barat

Fokus kegiatannya  pelatihan bagi pengelola perpustakaan SMA/SMK di Aceh Barat.

Red: Irwan Kelana
Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh Dr Phil Abdul Manan MSc MA didampingi Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan Nurhayati Ali Hasan MLIS menyerahkan cinderamata kepada Kabag Tata Usaha Cabdin Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Barat, Kamis (16/6/2022).
Foto: Dok UIN Ar-Raniry
Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh Dr Phil Abdul Manan MSc MA didampingi Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan Nurhayati Ali Hasan MLIS menyerahkan cinderamata kepada Kabag Tata Usaha Cabdin Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Barat, Kamis (16/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH -- Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh bersama Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Barat melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berlangsung mulai dari tanggal 14-17 Juni 2022 di Kabupaten Aceh Barat.

Kegiatan pengabdian yang bertajuk “Optimalisasi penerapan teknologi informasi di perpustakaan sekolah” merupakan bagian dari realisasi kerja sama antara Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Barat dengan Prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Nurhayati Ali Hasan MLIS dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan optimalisasi penerapan teknologi informasi di perpustakaan sekolah se-Kabupaten Aceh Barat merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen Prodi Ilmu Perpustakaan.

"Sebagai institusi pendidikan, Prodi Ilmu Perpustakaan memiliki tanggung  jawab sosial dan tentunya bertanggung jawab terhadap pengembangan perpustakaan melalui kegiatan pengabdian masyarakat dalam hal optimalisasi penerapan teknologi di perpustakaan seperti yang kita lakukan di Kabupaten Aceh Barat saat ini,"  kata Nurhayati Ali Hasan, Kamis (16/6/2022) di Aula Cabang Dinas Pendidikan tersebut.

Lebih lanjut, Nurhayati menjelaskan bahwa selama dua hari pihaknya bersama Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Barat fokus pada kegiatan pelatihan bagi pengelola perpustakaan SMA/SMK di Kabupaten Aceh Barat serta melakukan kunjungan dan pendampingan bagi perpustakaan.

"Selain pelatihan tentang optimalisasi penerapan teknologi di perpustakaan sekolah, UIN Ar-Raniry  bersama Cabdin Aceh Barat juga melakukan pembenahan sistem perpustakaan di SMAN 1 Meureubo dan SMKN 2 Meulaboh," kata Nurhayati seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (17/6).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Barat, Abd Aziz SH MSi melalui Kabag Tata Usaha Rahmadi SSos MSi mengatakan bahwa kerja sama ini sebagai langkah awal untuk memperkuat dukungan lintas sektor pendidikan melalui pemberdayaan SDM di bidang perpustakaan.

"Kerja sama dengan UIN Ar-Raniry Banda Aceh melalui Prodi Ilmu Perpustakaan menjadi bukti keseriusan kita untuk peningkatan kompetensi tenaga kependidikan dan guru khusus pengelola perpustakaan sekolah di Aceh Barat," kata Kacabdin Aceh Barat Abd Aziz dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kasubbag Tata Usaha, Rahmadi.

Aziz berharap kerja sama ini dapat terus terjalin dengan baik dan terus berlanjut untuk sinergisitas program dan kolaborasi penguatan kompetensi pengelola perpustakaan sekolah di Aceh Barat.

Senada hal tersebut, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Dr Fauzi Ismail MSi yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr Phil Abdul Manan MSc MA mengatakan bahwa perpustakaan sekarang ini harus bertransformasi  mengikuti perkembangan teknologi agar dapat menjawab tantangan zaman dan kebutuhan masyarakat pengguna.

"Di era ini, perpustakaan harus berani beradaptasi terhadap perkembangan teknologi dengan tidak menutup diri atas kemajuan teknologi. Sebab perpustakaan memiliki peran penting sebagai pusat sumber ilmu pengetahuan," kata Abdul Manan.

Turut berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat di Aceh Barat masing-masing, Wakil Dekan I FAH UIN Ar-Raniry Dr Phil Abdul Manan MSc MA, Wakil Dekan II Zubaidah MEd, Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan Nurhayati Ali Hasan MLIS, Sekretaris Prodi Mukhtaruddin MLIS, Ketua IPI Aceh Nazaruddin MLIS PhD dan sejumlah dosen tetap prodi Ilmu Perpustakaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement