Senin 20 Jun 2022 10:39 WIB

Buka Seminar APPSI Bersama Mahfud MD, Anies Bicara Integrasi Nasional

Integrasi nasional berguna untuk menempatkan persatuan sebagai unsur utama.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Erik Purnama Putra
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.
Foto: Republika/zainur mahsir ramadhan
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Anies Rasyid Baswedan membuka acara seminar nasional APPSI di Gedung Raya Semarak, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu pada Ahad (19/6/2022) malam WIB. Di seminar bertema 'Menjaga dan Membangun Integrasi Nasional', Anies menyinggung tentang integrasi nasional.

"Tema yang diangkat mengingatkan peran dari APPSI yang di satu sisi memiliki tanggung jawab untuk menjalankan program pembangunan masing-masing wilayah dengan baik," kata Anies dalam keterangannya di Jakarta, Senin (20/6/2022).

Baca: Survei Poltracking: UAS Pendakwah Paling Disukai di Indonesia

Dia menjelaskan, integrasi nasional berguna untuk menempatkan persatuan sebagai unsur utama. "Dan ini (integrasi nasional) penting sekali pada saat ini. Karena kita saat ini mengalami kemajuan di berbagai sektor dan pada saat yang sama kemajuan itu tidak terjadi sama di semua sektor," ucap Anies.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) tersebut mengatakan, dalam setiap tantangan, semua pihak harus membantu saling menguatkan. Terlebih, kata Anies, saat-saat ini, menjadi reflektif terkait tugas dan tanggung jawab anggota APPSI untuk terlibat mengatasi masalah di masyarakat.

"Di sisi lain pemerintah provinsi menjadi garda depan bagi pemerintah pusat untuk menjalankan fungsi-fungsi yang harus dilaksanakan di tingkat daerah," ucap gubernur DKI Jakarta tersebut.

Baca: Mahfud Cerita Sunan Kalijogo Islamkan Pulau Jawa Pakai Metode Pertunjukan Wayang

Oleh sebab itu, kata Anies, dengan adanya dinamika yang terjadi, semua yang terlibat juga perlu memastikan integrasi nasional benar-benar berjalan dengan baik. Dia berharap, tujuan tercapainya stabilitas nasional dapat terwujud dengan bekal integrasi.

Anies juga menargetkan, arahan dari Menko Polhukam Mahfud DM untuk menerjemahkan integrasi agar betul-betul terjaga. "Kita berharap unsur mendasar (yaitu) memastikan stabilitas nasional dapat terjadi," ucapnya.

Dalam pembukaan itu turut hadir pula Menko Polhukam M Mahfud MD beserta jajaran, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, serta para peserta yang terdiri dari utusan masing-masing pemerintah daerah (pemda).

Dalam sambutannya, Anies juga mengapresiasi Mahfud MD serta Gubernur Rohidin sebagai tuan rumah yang menyambut seluruh utusan dari seluruh anggota APPSI. "Kita bersama hadir di dalam sebuah seminar yang memiliki tema strategis untuk perjalanan bangsa dan negara. Maka dari itu izinkan kami atas nama APPSI terima kasih kepada Menkopolhukam dan jajaran yang telah hadir."

Baca: Ribuan Orang Hadiri Tabligh Akbar UAS di Jonggol, Meski Sempat Ditolak 14 Orang

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement