Senin 20 Jun 2022 19:13 WIB

Poltikus Nasdem: Kami tak Ada Masalah dengan PDIP, Siap Bangun Koalisi

Nasdem tidak bisa jalan sendiri dalam menentukan capres, harus jalin koalisi.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyampaikan pidato dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022). Pada penutupan Rakernas Partai Nasdem tersebut Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengumumkan 3 nama bakal calon presiden hasil dari hasil Rakernas yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo   Prayogi/Republika
Foto: Prayogi/Republika.
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyampaikan pidato dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022). Pada penutupan Rakernas Partai Nasdem tersebut Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengumumkan 3 nama bakal calon presiden hasil dari hasil Rakernas yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Prayogi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali mengatakan bahwa Nasdem akan mulai menbangun komunikasi dengan partai lain terkait koalisi untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024. Salah satunya dengan Partai Demokrasi Indoensia Perjuangan (PDIP).

"Kalau kemudian menyangkut dengan PDIP, Nasdem tidak pernah merasa ada masalah dengan PDIP," ujar Ali kepada wartawan, Senin (20/6).

Baca Juga

Hubungan antara Partai Nasdem dan PDIP terbukti tak bermasalah ketika mengawal pemerintahan Presiden Joko Widodo sejak 2014. Apalagi salah satu kadernya, yakni Gubernur Jawa Tengah masuk sebagai bakal calon presiden (capres) hasil rapat kerja nasional (Rakernas).

"Iya (berpeluang koalisi dengan PDIP), artinya kan gini, nama itu kita kan merekomendasikan nama-nama itu. Nah Nasdem sendiri tidak bisa berjalan sendiri, dia harus berkomunikasi, dia harus berkoalisi," ujar Ali.

Rakernas Partai Nasdem sendiri menghasilkan tiga nama bakal capres, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Muhammad Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ketiga nama tersebut akan disodorkan dalam komunikasi dengan partai lain yang ingin membentuk koalisi.

"Itu (rakernas) adalah forum tertinggi kedua, yang setelah kongres, artinya bahwa semua jajaran partai terikat dengan keputusan itu. Jadi kita tidak mungkin akan mendiskusikan capres di luar tiga nama itu," ujar Ali.

Ketika koalisi sudah terbentuk, tiga nama tersebut dikerucutkan menjadi satu nama capres. Namun, Partai Nasdem disebutnya tak terburu-buru dalam memutuskan hal tersebut. "Belanda masih jauh, tidak bisa emosi dalam memutuskan itu. Kita lihat lah nanti kan beberapa partai koalisi yang sudah terbentuk hari ini, mau mengusung siapa, kita belum tahu skenario seperti apa," ujar Ali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement