Rabu 22 Jun 2022 03:32 WIB

Ini Kata Pakar Soal Pertemuan Gibran dan Mega

Dalam silaturahmi itu, Gibran ditemani oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati / Red: Agus Yulianto
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Foto: Pemkot Solo
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar Komunikasi Politik Hendri Satrio membaca Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah, Gibran Rakabuming yang menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai dua hal. Salah satunya sebagai silaturahim politik.

"Pertemuan itu dibaca dua hal. Pertama sebagai silaturahim politik, kemudian kedua sebagai penyampai pesan  (messenger) dari presiden Joko Widodo," ujar Hendri saat dihubungi Republika, Selasa (21/6/2022).

Kendati demikian, jika menilai pertemuan itu sebagai rencana maju ke pemilihan gubernur DKI Jakarta, Hendri mengatakan ini adalah hal yang menarik. Walaupun pemilihan gubernur DKI Jakarta masih jauh, Hendri memperbolehkan publik menilai pertemuan ini untuk memuluskan langkah ikut dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta.1

"Selama Gibran masih memiliki posisi strategis yaitu wali kota Surakarta dan anak Joko Widodo, kemudian kalau terus dibicarakan dan didorong terus maka lama-lama elektabilitasnya akan naik. Jadi, boleh-boleh saja dianggap itu," katanya.

Kendati demikian, ia menyoroti jika Gibran benar nantinya ikut dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta, ini tentu berbeda dengan partisipasi ayahnya dalam pemilihan gubernur ibu kota Indonesia beberapa tahun lalu. Ia menjelaskan, Joko Widodo sudah dua periode menjabat sebagai orang nomor satu di Surakarta kemudian baru mengikuti pemilihan gubernur DKI Jakarta, sedangkan Gibran belum menyelesaikan masa jabatan satu periode.

"Jadi, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan Gibran," ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming menemui Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di kediaman Mega. Dalam silaturahmi itu, Gibran ditemani oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Momen silaturahmi Gibran dengan Mega itu diunggah oleh Puan di akun Instagramnya, @puanmaharaniri yang bercentang biru, Sabtu (18/6). Dalam unggahan foto itu, Puan tampak memakai dress warna hitam selutut, sedangkan ibunya, Megawati, tampak memakai dress panjang bermotif bunga. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement