Selasa 21 Jun 2022 20:16 WIB

Harry Kane Pilih Messi Pemain Terbaik Sepanjang Masa Dibanding Ronaldo

Perdebatan tentang siapa yang terbaik antara Messi dan Ronaldo kerapkali terjadi.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (kanan) berjabat tangan. Perdebatan tentang siapa pemain terbaik sepanjang masa antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tak akan hilang dalam waktu dekat, meski usia keduanya sudah kepala tiga.
Foto: AP Photo/Joan Monfort
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (kanan) berjabat tangan. Perdebatan tentang siapa pemain terbaik sepanjang masa antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tak akan hilang dalam waktu dekat, meski usia keduanya sudah kepala tiga.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Perdebatan tentang siapa pemain terbaik sepanjang masa antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tak akan hilang dalam waktu dekat, meski usia keduanya sudah kepala tiga. Penggemar berharap ada pemain lain menjadi penerus dari persaingan dua megabintang sepak bola itu.

Striker Tottenham Hotspur Harry Kane adalah pemain yang bergabung dengan sejumlah tokoh sepak bola lainnya dalam memilih Messi atau Ronaldo sebagai pemain terbaik sepanjang masa. Dalam wawancara dengan Amazon Prime Video Februari 2022 lalu dilansir dari Sportskeeda, Selasa (21/6/2022), Kane diminta memilih Messi atau Ronaldo.

Baca Juga

Kane lantas memilih Messi daripada Ronaldo. "Saya akan pergi dan memilih Messi di posisi atas,” ujar Kane.

Messi memang pemain yang diperhitungkan lebih dari satu dekade terutama saat berseragam Barcelona. Dengan bakat dan penampilan luar biasanya di lapangan membuat banyak orang terpana dan kagum.

Messi memimpin era kesuksesa Barcelona di masa kepelatihan Pep Guardiola. Ia memenangkan 14 trofi antara 2009 hingga 2012, termasuk sextuple (enam gelar) bersejarah pada musim 2008/2009.

Messi melanjutkan perjalanan luar biasanya antara 2014 hingga 2016. Ia memimpin Argentina tembus ke final Piala Dunia 2014 sebelum Barcelona mendapatkan tuah dari kehebatan Messi pada tahun berikutnya di bawah kepelatihan Luis Enrique.

Messi memenangkan empat gelar pemain terbaik dunia (Ballon d’Or) berturut-turut antara 2009 hingga 2012. Prestasi yang sulit tertandingi oleh pemain lain. Pada tahun 2012 ia mencetak 91 gol. Liga Champions, La Liga Spanyol, dan trofi lainnya sudah ia rasakan.

Ronaldo juga menikmati masa-masa luar biasa. Ia mencetak banyak gol bersama klub dan negara dan beberapa kali memecahkan rekor. Dan selama satu dekade, Ronaldo selalu dibanding-bandingkan dengan Messi.

Lalu bagaimana performa Messi dan Ronaldo musim lalu? La Pulga, julukan Messi, mengalami awal yang lambat bersama Paris Saint-Germain (PSG). Ia hengkang dari Barcelona musim panas lalu. Ia kesulitan karena proses adaptasi. Tetapi ia menyumbang 11 gol dan 15 assist di semua kompetisi.

Sementara Ronaldo sedikit lebih baik daripada Messi. Ia mengantongi 24 gol dan tiga assist sejak kembali ke Manchester United. Tetapi ia tak berhasil mempersembahkan trofi satupun. Bahkan gagal meloloskan MU ke Liga Champions.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement