Pemkot Surabaya Buka Beasiswa untuk Jenjang SMA Sederajat

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkot Surabaya Buka Beasiswa untuk Jenjang SMA Sederajat (ilustrasi).
Pemkot Surabaya Buka Beasiswa untuk Jenjang SMA Sederajat (ilustrasi). | Foto: yeppopo.wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur membuka pendaftaran beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya yang dikhususkan bagi para pelajar jenjang SMA sederajat.

"Bagi arek-arek (anak-anak) Suroboyo yang hari ini butuh beasiswa dan menempuh jenjang SMA dan sederajat, silahkan mengajukan beasiswa kepada Pemkot Surabaya," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya, Selasa (21/6/2022).

Menurut Eri, beasiswa yang pendaftarannya dibuka mulai 17-24 Juni 2022 ini diharapkan dapat mengentas pemuda Surabaya yang putus sekolah. Eri menjelaskan program beasiswa ini untuk menunjang beasiswa yang sudah diberikan oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.

Dia berharap beasiswa ini dapat memberikan dampak positif bagi arek-arek Suroboyo. "Semoga tidak ada lagi pemuda Surabaya yang putus sekolah atau tidak bisa melanjutkan sekolahnya," kata dia.

Baca Juga

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya Wiwiek Widayati menambahkan pendaftaran beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya dilakukan secara daring di laman besmart.surabaya.go.id. "Beasiswa itu merupakan bantuan biaya pendidikan. Mereka yang mendapatkan beasiswa ini akan mendapatkan bantuan sebesar Rp200 ribu per anak per bulan, terhitung sejak diputuskan. Beasiswa ini untuk tahun 2022, karena tahun 2023 akan kami kembangkan lagi," kata Wiwiek.

Dia mengatakan beasiswa ini untuk meningkatkan kualitas anak muda Surabaya, terutama yang menempuh pendidikan di jenjang SMA/SMK/MA sederajat. Selain itu, program ini juga untuk mendorong pembelajaran SMA sederajat supaya pembelajarannya bisa optimal.

"Tahun ini, kami sediakan kuota 13.415. Namun, harus berhitung ulang karena jumlah yang harus dikover lebih banyak dari itu, sehingga nanti dalam proses berikutnya kami akan berkonsentrasi di kelas berapa dulu atau bagaimana sistem berikutnya, kita akan diskusikan lebih lanjut," kata dia.

Persyaratan beasiswa tersebut, meliputi warga Surabaya (KK/KTP/KIA Kota Surabaya), siswa SMA/SMK/MA negeri/swasta, memiliki prestasi akademik di atas KKM yang dibuktikan dengan nilai rapor sejak kelas X (semester ganjil dan genap) hingga kelas XI (semester ganjil) atau prestasi nonakademik di bidang olahraga, seni, organisasi, lingkungan hidup, agama dan lain sebagainya.

Minimal tingkat regional yang dibuktikan dengan sertifikat/penghargaan, maksimal 3 tahun terakhir dari tahun pengajuan beasiswa. "Selanjutnya, harus memiliki surat keterangan sehat dari dokter instansi pemerintah. Harus mengisi form dan mengunggah file dokumen pada aplikasi besmart.surabaya.go.id," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Girls in Tech & Education New Zealand Fasilitasi Pendidikan bagi Perempuan Indonesia

Pemkot Surabaya Sediakan Beasiswa Jenjang SMA, Catat Persyaratannya

Geografi UMP Buka Kesempatan Beasiswa untuk Calon Mahasiswa

Ada Lho Beasiswa Fully Funded ke Italia

Kemenag Tawarkan Beasiswa BPPA untuk Mahasiswa PTKI, Ini Syarat Lengkapnya

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark