Rabu 22 Jun 2022 07:07 WIB

Kuil Romawi Kuno yang Utuh Ditemukan di Belanda

Kuil ditemukan di Gelderland timur tengah Belanda.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Para arkeolog telah menemukan tempat perlindungan Romawi kuno yang relatif utuh di provinsi Gelderland timur tengah Belanda.
Foto: reuters
Para arkeolog telah menemukan tempat perlindungan Romawi kuno yang relatif utuh di provinsi Gelderland timur tengah Belanda.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Para arkeolog telah menemukan tempat perlindungan Romawi kuno yang relatif utuh di provinsi Gelderland timur tengah Belanda. Badan warisan budaya Belanda menggambarkan penemuan itu sebagai hal yang luar biasa.

"Dulu ada beberapa kuil di sini. Kami telah menemukan sisa-sisa patung, relief, dan plester yang dicat," kata badan budaya Belanda dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga

Relawan membuat penemuan pertama pada 2021 di sebuah kota dekat Warisan Dunia UNESCO Roman Limau, kemudian memberi tahu UNESCO. Wilayah itu sebelumnya mewakili garis perbatasan kekaisaran Romawi pada tingkat terbesar di abad ke-2. 

"Ini sangat luar biasa (tidak hanya) untuk Belanda, tetapi juga internasional" ujar badan budaya Belanda. 

Badan itu menyatakan, sementara beberapa tempat suci Romawi dikenal di Belanda, ini adalah kompleks dan kuil lengkap pertama yang ditemukan. Batu nazar lengkap dan altar yang didedikasikan untuk berbagai dewa dan dewi telah digali di situs tersebut. 

Menurut badan tersebut, tempat itu telah digunakan selama berabad-abad selama Kekaisaran Romawi. Berbagai potongan dari situs tersebut akan dipajang di Museum Valkhof di Nijmegen, kota terbesar di Gelderland.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement