Rabu 22 Jun 2022 06:14 WIB

Satgas: Meski Kasus Naik, Positivity Rate Masih Aman

Peningkatan jumlah testing menjadi sangat penting di tengah kenaikan kasus.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto
Juru Bicara Pemerintah untuk  Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.
Foto: Tangkapan Layar/Youtube Sekretariat Presiden
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat terjadinya kenaikan positivity rate mingguan di pekan ini. Kenaikan ini terjadi selama empat minggu berturut-turut dari yang sebelumnya 0,33 persen di minggu keempat Mei menjadi 2,23 persen pada pekan ini.

Kabar baiknya, Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut, angka positivity rate tersebut masih di bawah lima persen dan masih tergolong aman.

“Kabar baiknya, positivity rate ini masih di bawah 5 persen dan masih dapat dikatakan aman. Tentunya, angka ini harus tetap kita tekan, sehingga tidak mendekat 5 persen dengan terus gencar meningkatkan testing di tengah masyarakat,” kata Wiku saat konferensi pers, dikutip pada Rabu (22/6/2022).

Baca juga : Satgas Sebut Kenaikan Kasus Covid-19 Jadi Alarm

Wiku menjelaskan, peningkatan jumlah testing menjadi sangat penting di tengah kenaikan kasus. Dengan testing yang tinggi maka akan semakin meningkatkan keakuratan jumlah kasus positif di tengah masyarakat. Sehingga akan semakin cepat menjaring kasus agar bisa ditangani lebih dini.

Satgas mencatat, pada pekan ini jumlah orang yang diperiksa mencapai sebesar 340.723 atau 126,19 persen dari target WHO.

“Angka ini mengalami peningkatan selama 3 minggu terakhir dan ke depannya perlu dipertahankan untuk terus meningkat,” kata Wiku.

Baca juga : Ramai Soal Penggerudukan, Ini Jawaban Ustaz Yusuf Mansur

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement